Alat PCR Swab Rusak, Update Data Covid-19 di Sultra Macet

762
Salah satu alat PCR rusak Labkes Kendari. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus corona yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dimiliki oleh Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak. Akibat kerusakan alat PCR itu, pekerjaan para nakes dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sultra yang bertugas macet. Data pasien terkonfirmasi positif baru, sembuh, yang menjalani perawatan dan meninggal dunia pun sejak Senin (05/10/2020) tidak terupdate secara akurat.

“Ada tiga tambahan kasus baru, Kabupaten Konawe satu dan Kota Kendari dua orang. Tetapi Lab PCR tidak running, ada gangguan teknis microcentrifusenya PCR jadi tidak bisa ekstraksi. Jadi, kasus baru itu bukan hanya tiga orang itu,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sultra, dr. La Ode Rabiul Awal, melalui pesan singkat.

Dokter yang akrab disapa dr. Wayonk itu tidak mengetahui pasti kapan Lab PCR akan beroperasi kembali. Tetapi saat ini sampel swab masyarakat Sultra di kirim ke Makasar dan menunggu hasil beberapa hari ke depan untuk diketahui hasilnya.

“Semoga alat tersebut bisa beroperasi kembali secepatnya. Mutlak, pandemi belum sepenuhnya terkendali, jangan abaikan prokes Covid-19,” tuturnya.

Untuk di ketahui, memasuki awal Oktober 2020, kasus pasien terkonfirmasi positif terus meningkat. Rinciannya yaitu
Kamis (01/10/2020) total positif sebanyak 2.906 orang. Pada hari Jumat (02/10/2020) yaitu 2.989 orang. Sedangkan Sabtu, (03/10/2020) berjumlah 3.026 orang dan hari Minggu (04/10/2020) sebanyak 3.062 orang.

Untuk Hari Senin (05/10/2020) update kasus sementara menjadi 3.065 orang. Kasus sembuh 86 orang dari Kota Kendari 61, Kabupaten Muna empat, Bau Bau 10, Konawe dan Bombana dua, Buton Tengah tujuh orang. Kasus meninggal satu orang, laki-laki 69 tahun dari Kota Kendari. (Ads/Herlis)

*

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU