Dokter Positif Covid, Rumah Sakit Ditutup, Nakes di Bombana Swab Massal

635
Petugas medis daru RSUD Bombana mengambil sampel untuk tes Swab PCR. Foto: Tangkapan Grup WA

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana untuk sementara ditutup. Penyebabnya, salah seorang dokter di Badan Layanan Umum Daerah itu, terkonfirmasi positif Covid-19. Tak ingin mengambil resiko, pimpinan di Rumah Sakit plat merah itu pun, mewajibkan seluruh pegawainya melakukan Swab RT-PCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) atau sering disebut dengan Swab PCR.

“Pelayanan kami tutup sejak Kamis kemarin, (1/10/2020),” kata drg Riswanto, Direktur RSUD Bombana, kepada wartawan lenterasultra.com, hari ini, Sabtu (3/10/2020). Riswanto bilang, penutupan pelayanan di RSUD Bombana dilakukan setelah hasil swab salah satu dokter di instansi pimpinannya, terkonfirmasi positif Covid-19. “Kamis siang kami terima hasil swabnya (hasil swab salah satu dokter), sorenya pelayanan diputuskan ditutup,” sambungnya.

Keputusan tersebut diambil untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di internal RSUD Bombana, termasuk kepada masyarakat umum yang berkunjung di rumah sakit. Selain mengambil tindakan penutupan, Riswanto menginstruksikan kepada seluruh pegawainya untuk menjalani swab. Semua pegawai diskriningdemi memberi pelayanan yang aman dan sehat kepada masayarakat. Pengambilan sampel swab sudah dimulai sejak hari Kamis (1/10) hingga Sabtu (3/10/2020).

-IKLAN-

Selama tiga hari berturut-turut, tercatat 190 petugas RSUD Bombana menjalani swab. Mereka terdiri tenaga medis, paramedis, tenaga kesehatan lainnya dan administrasi. Pengambilan sampel swab dilaksanakan oleh petugas RSUD Bombana. Selanjutnya 190 sampel swab itu dibawah ke RS Bahteramas Kendari untuk diperiksa.

Riswanto berharap agar sampel  swab pegawainya cepat keluar hasilnya. Jika dari hasil swab tersebut, ada pegawai terkonfirmasi positif Covid-19, maka yang bersangkutan wajib menjalani pengobatan dan karantina, sedangkan yang dinyatakan negatif diizinkan berkantor kembali sehingga pelayanan di RSUD Bombana bisa dibuka kembali dan berjalan normal seperti semula. “Saya berharap semua negatif lah, walau beberapa diantara pegawai sudah melakukan kontak erat dengan dokter yang positif,” ungkap Riswanto. (ads/adi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU