Hari ini, Pemda Buteng Mulai Salurkan Bantuan JPS

562
Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Tengah, Konstatinus Bukida dan Kepala Dinas Sosial Buteng Abidin saat melakukan foto bersama dengan penerima bantuan di Kecamatan Mawasangka. Foto: Istimewa.

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Sosial, mulai hari ini menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS). Bantuan ini diberikan kepada 1.111 warga kelurahan se-Kabupaten Buteng. Penyaluran ini rencananya akan digilir di setiap kecamatan dengan besaran bantuan 900 ribu per KK.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buteng, Konstatinus Bukide mengatakan, angka penerima manfaat tersebut telah disesuaikan dengan besaran anggaran yang diporsikan Pemda Buteng yakni Rp1 miliar, yang datanya berdasar pada hasil verifikasi yang dilakukan oleh pihak Kelurahan, Kecamatan dan Dinas Sosial.

“Sebenarnya total secara keseluruhan itu 1.932 KK, tetapi kemampuan anggaran hanya mengakomodir 1,111 orang saja, jadi sisanya tinggal 821 KK,” ujarnya, Kamis (10/9/2020).

Namun, 821 KK yang belum menerima hari ini, rencananya akan diberi setelah perubahan anggaran. Sebab Pemda Buteng mendapatkan suntikan dana, yakni Dana Insetif Daerah (DID) sebesar 15,9 miliar dari Pusat, atas pelaporan anggaran Covid 19 Pemda Buteng yang dinilai cukup bagus.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Jadi bisa ditangani dari dana ini, karena ini digunakan untuk penanganan Covid 19. Jadi sebelum akhir tahun semuanya sudah akan diterimakan,” jelasnya.

Bukide berharap selain dana ini bisa meringankan sedikit beban keluarga, juga diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk ketahanan rumah tangga.

“Jangan langsung dibelikan HP, tapi dibelanjakan untuk keperluan rumah tangga. Selanjutnya, jangan terprovokasi dengan isu di luar, sebab Pemda Buteng selalu berusaha untuk kebaikan masyarakat dan semuanya,” pungkasnya. (C)

Reporter : Ali Tidar

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU