SAR Kendari Gelar Upacara Peringatan HUT RI di Atas KN Pacitan

605
Upacara peringatan HUT RI ke-75 oleh Kantor SAR Kendari. Foto: Wulan.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 tahun dilaksanakan dengan cara yang berbeda oleh Kantor SAR Kendari. Upacara dilaksanakan di atas Kapal Nasional Pacitan.

Dengan khidmat upacara dimulai mulai pukul 06.30 Wita yang melibatkan seluruh pegawai Kantor SAR Kendari. Namun dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Kantor SAR Kendari, Aris Sofingi, yang secara langsung membacakan sambutan dari Kepala Basarnas pusat, Marsekal Madya Bagus Puruhito. Dalam sambutannya Maksekal Madya Bagus Puruhito menegaskan, upacara di tengah pandemi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah dapat dilaksanakan di zona hijau. Sementara di zona lainnya upacara dilaksanakan secara virtual.

“Kita semua harus memahami bahwa kondisi negara dan dunia masih mengalami krisis pandemi. Namun kita semua harus bergerak dengan inovasi dan kreasi untuk terus berjuang,” ujarnya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

KN Pacitan dipilih sebagai tempat pelaksanaan upacara oleh SAR Kendari sesuai dengan tema HUT RI ke-75 yakni bangga dengan produk dalam negeri. Dan KN Pacitan merupakan salah satu dari  karya anak bangsa.

“Kita bangga dengan produksi karya-karya anak bangsa. Salah satunya KN Pacitan sehingga SAR bangga terhadap karya anak bangsa ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, KN Pacitan merupakan kapal yang berada di dermaga kawasan timur. Sesuai tugas pokok SAR KN Pacitan digunakan sebagai sarana melaukan pencarian pertolongan dan evakuasi terhadap kecelakaann kapal atau pelayaran di Sulawesi dan Kawasan Timur Indonesia.

Dengan semangat avignam jagat samagram, yang berarti damailah bumiku dan seisinya, Aris Sofingi berharap, seluruh pegawai SAR Kendari tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid-19.

Selain melakukan upacara di atas KN Pacitan, sebelumnya SAR Kendari juga melakukan pembentangan bendera merah putih di atas gladak KN Pacitan dengan ukuran 17X26 meter, dari Teluk Kendari hingga 17 nauticale mile keluar Teluk Kendari atau hingga di Pulau Hari.

Penulis: Wulan

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU