Bombana Nol Kasus Positif Covid-19

1.781
Bupati Bombana, Haji Tafdil. Foto-Istimewa

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Perjuangan keras tenaga medis di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menangani wabah Coronavirusdisease berbuah hasil yang maksimal. Semua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh dengan nol kasus kematian. Daerah pemekaran Kabupaten Buton ini pun mencatatkan nol kasus positif. Padahal sejak virus asal China itu mewabah, Bombana pernah menduduki peringkat pertama terkonfirmasi positid Covid-19 terbanyak di Sultra.

Namun terhitung hari ini, Minggu (05/07/2020) daerah otorita pimpinan Haji Tafdil itu dinyatakan zero (nol) kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani perawatan. “Alhamdulillah, mulai hari ini, Bombana sudah nol kasus positif Covid-19. Insya Allah, selangkah lagi Bombana akan menuju zona hijau,” kata Bupati Bombana, Haji Tafdil, Minggu, (05/07/2020).

Bupati Bombana, Haji Tafdil (baju putih) disemprot disinfektan usai meninjau tempat karantina pasien Covid-19 di rusun bilangan Lantowua, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana. Foto- Jubir Satgas Covid-19 Bombana

Meski begitu, Tafdil berharap agar, zero kasus Covid-19 diwilayahnya bisa dipertahankan. Warga Bombana tidak ada lagi yang terinveksi Covid-19. Agar harapan tersebut terwujud, suami Andi Nirwana, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Sultra ini, meminta kepada warganya untuk terus waspada dan tidak lengah. Salah satu kuncinya, selalu menerapkan protokol penanganan Covid-19 pada diri sendiri maupun anggota keluarga. Seperti menerapkan jaga jarak fisik, memakai masker saat berada diluar rumah, rajin mencuci tangan serta merapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

BACA JUGA:  Antisipasi Penularan Corona RSUD Buton Tiadakan Jam Besuk
Bupati Bombana, Haji Tafdil bersama Kepala Dinas Kesehatan, Sunandar dan Direktur RSUD Bombana, saat berada di Rusun tempat karantina pasien Covid-19. Foto Jubir Percepatan Penanganan Covid-19

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bombana ini mengungkapkan, secara akumulatif jumlah pasien Covid-19 di Bombana selama tiga bulan terakhir (periode April, Mei, Juni) sebanyak 74 orang. Dari jumlah itu, semuanya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di rumah susun (Rusun) di wilayah Bombana, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) serta Rumah Sakit Bahteramas Kendari. “Terima kasih kepada tim gugus tugas, para petugas kesehatan dan relawan yang telah bekerja keras menangani Covid-19 di Kabupaten Bombana,” katanya.

Heryanto, juru bicara percepatan penangan Covid-19 Kabupaten Bombana mengaku, pasien terakhir terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh adalah MB. Dia tercatat sebagai pasien Covid-19 ke-74 dan berasal dari Pulau Kabaena. “Tadi siang kami terima laporan Swab nya. Hasilnya negatif,” kata Heryanto, hari ini Minggu (05/07/2020) sekitar pukul 15.00 wita.

Heryanto, Juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bombana

Mantan anggota DPRD Kabupaten Bombana periode 2014-2019 ini menambahkan, selain kabar baik hasil Swab MB yang negatif, 25 orang warga Bombana yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) juga dinyatakan negatif. Sehingga terhitung mulai akhir pekan di awal Juli ini, pasien positif Covid dengan kategori OTG, ODP (Orang Dalam Pemantauan) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sudah tidak ada lagi. Heryanto juga berharap agar kabar baik ini bisa bertahan selama-lamanya.

BACA JUGA:  Kades di Muna Barat Bagikan 600 Masker ke Warganya

Perkembangan kasus Covid-19 dalam tiga hari terakhir di Bombana memang sangat menggembirakan. Dari delapan pasien yang terakhir masuk dan mendapat perawatan di rusun bilangan Lantowua, Kecamatan Rarowatu Utara, semua hasilnya negatif. Sabtu (4/7/2020) tercatat 4 PDP yang sembuh. Sementara sehari sebelumnya yakni Jumat (3/7/2020) tercatat 3 orang dengan status PDP yang juga sembuh.

Puluhan pasien Covid-19 Bombana saat menjalani perawatan di rusun Lantowua. Salah satu agenda setiap hari adalah berolahraga. Terhitung mulai Minggu (05/07/2020), Bombana nol kasus Covid-19. 74 pasien terkonfirmasi positif semuanya dinyatakan sembuh. Foto-Jubir Satgas Covid-19, Bombana, Heryanto.

“Jadi dalam tiga hari-hari berturut-turut, delapan warga Bombana yang terkonfirmasi positif Covid-19, dinyatakan negatif. Meski ini menjadi kabar baik bagi seluruh masyarakat Bombana, namun kewaspadaan selalu dijaga dan protokol kesehatan agar selalu tetap dilaksanakan,” ungkap ketua DPW PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Sultra ini. (Adv)

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ruangan komen telah ditutup.

error: Content is protected !!