Tarif PDAM Kendari Termahal Kedua di Indonesia

1,284
Foto: Ilustrasi.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Tarif air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari termahal kedua di Indonesia. Hal ini diungkapkan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Saat ini air bersih PDAM Tirta Anoa per meter kubik dikenakan tarif Rp6.500.

“Yang pasti, tarif tertinggi kedua di Indonesia,” ujarnya.

Informasi itu diperoleh setelah orang nomor satu di Kota Kendari itu melakukan review bersama Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) terhadap feasibility study (FS) rencana pengembangan PDAM Tirta Anoa Kota Kendari, yang akan dijalankan kedepannya melalui skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha.

Ke depan, jika ada investor yang berani berinvestasi dengan PDAM Tirta Anoa Kendari, terkait tarif air bersih akan ditinjau ulang dan dilakukan koreksi.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Seiring berjalannya investasi, tarif PDAM akan kita tinjau kembali dan ada potensi kita turunkan tarifnya. Kita minta investor untuk menyepakti terkait penurunan tarif air bersih, sehingga masyarakat terlayani,” katanya.

Pemerintah Kota Kendari saat ini tengah serius mencari solusi terkait masalah PDAM yang disebut Sulkarnain sedang sakit. Namun penanganan PDAM tidak sederhana dan butuh biaya yang tidak kecil. Sehingga jalan keluarnya adalah mencari kerjasama dengan pihak ketiga.

“Sampai saat ini yang berminat dan sunguh-sungguh serius ada tiga investor ,salah satunya adalah PT Adhi Karya. Tindak lanjutnya sudah dalam proses feasibility study. Dari tiga investor, nantinya bakal diseleksi dan diputuskan dalam lelang terbuka,” pungkasnya. (B)

 

Reporter: Nanan

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU