Pemda Buton Gelontorkan Dana Penanganan Covid-19 Rp33,7 Miliar

672
Bupati Buton Drs, La Bakry M,Si. Foto: Safrin/Lenterasultra.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Buton menngelontorkan anggaran sebesar Rp33,7 miliar. Dana ini diperuntukkan bagi penanganan dan pencegahan wabah Covid-19.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan, alokasi anggaran penaganan dan pencegahan Covid-19 berasal dari belanja tak terduga kurang lebih sebesar Rp22 miliar dan Rp9 miliar bersal dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton.

“Anggarannya bersal dari tiga sumber saja, dan pengelolaan anggarannya ini kita telah bagi tiga item,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya (12/05/2020).

La Bakry menjabarkan anggaran tersebut akan dibagi dalam tiga item kegiatan. Dianataranya Rp20,7 miliar untuk penanganan dan pencegahan kesehatan, Rp7,4 milair untuk jaring pengaman sosial dan penanganan dampak ekonomi sebesar Rp5,5 miliar.

Ketiga Item kegiatan tersebut yang kini telah berjalan, seperti g pencegahan Gugus Tugas Covid-19 Buton yang melaksanakan sejumlah kegiatan. Seperti mendirikan tujuh pos di pintu masuk Buton, penambahan ruang isolasi di rumah sakit dari satu menjadi enam ruangan, dan menyiapkan tempat karantina mandiri.

“Selain itu kita juga sudah melakukan pendataan seluruh pelaku ekonomi dari  pedagang, tukang ojek, sopir, nelayan dan petani. Semua yang sudah didata kita telah koordinasi dengan provinsi untuk diberikan stimulan,” ucapnya. (B)

Reporter: Safrin

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU