Persit Racik Jamu Lindungi Suami dari Covid-19

748

 

Seorang Persit KCK Kodim 1413 Buton mempersiapkan jamu racikan berbahan rimpang ke dalam botol. Jamu dibuat untuk dikonsumsi keluarganya selama tidak beraktifitas diluar rumah, menegah persebaran Corona.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Persit KCK (Persatuan Istri Tentara KArtika Chandra Kiranan) Kodim 1413 Buton di kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) meracik jamu rumahan berbahan rimpang untuk mencegah persebaran virus covid-19 di lingkup TNI. Jamu tersebut diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh para prajurit yang rentan terinfeksi Corona saat bekerja di luar rumah.

Sebelum memulai aktivitas bekerja, para prajurit TNI-AD meneguk jamu tradisional di halaman markas Kodim Kodim 1413 kota Baubau, Kamis (2/4/2020) untuk menambah stamina saat harus bekerja ekstra di lapangan. Jamu ini tidak lain buatan tangan para istri prajurit di rumah.

Siti Subaida, salah satu anggota Persit contohnya. Setiap hari memproduksi jamu Kunyit Asam, yang bahan ramuannya mudah diperoleh di pasaran. Pembuatannya sederhana, olahan kunyit dicampur asam dan
ditambahkan gula aren untuk mengurangi rasa pahit racikan rimpang, kemudian diaduk dengan tambahan air secukupnya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Dengan adanya situasi yang sekarang ini dengan adanya virus Corona, saya berinisiatif membuat jamu yang dinamakan jamu kunyit asam” kata Subaidah.

Selanjutnya racikan dimasak hingga mendidih, diamkan hingga dingin dan ramuan siap saji dan santap oleh anggota keluarga TNI sebelum bertugas.

Pembuatan jamu dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus covid-19, dan mengisi waktu untuk menjalani aktifitas rumahan, menyusul peringatan pemerintah terkait larangan beraktifitas diluar rumah selama pandemi Corona berlangsung di Indonesia.

“Jamu ini memiliki khasiat selain meningkatkan imun tubuh, kita juga bisa menyehatkan badan dengan begitu insya Allah dengan minum jamu bisa menangkal virus Corona dengan cepat” jelasnya.

Hingga kini, jamu buatan ibu Persit Kodim mendatangan nilai ekonomi dan melayani pesanan warga disekitarnya yang khawatir terinfeksi wabah Corona, meski belum ada data warga positif terinfeksi covid-19 di kota Baubau. (B/P9)

Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU