Mitigasi Wabah Coronavirus, Masjid Istiqlal Tiadakan Shalat Jumat Selama 2 Pekan

637

Kegiatan Disinfeksi Area Masjid Istiqlal, Jakarta. —ist–

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Kegiatan ibadah shalat Jumat di Masjid Istiqlal selama 2 pekan ke depan untuk sementara ditiadakan. Langkah ini sebagai upaya untuk membendung penyebaran wabah coronavirus (Covid-19) yang kian khawatirkan di Jakarta.

“Masjid Istiqlal Kepada seluruh, disampaikan mengenai perkembangan pembangunan yang ditransfer oleh wabah coronavirus di DKI Jakarta khusus, dan Instruksi Imam Besar Masjid Istiqlal yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 19 Maret 2020, maka diputuskan Masjid Istiqlal dapat digunakan shalat Jumat. minggu, ”terang Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Asep Saepudin dalam keterangan tertulisnya mengutip Asia Today.id, yang diterima Jumat (20/3/2020).

Walau demikian, umat muslim masih bisa melaksanakan shalat dzuhur di Masjid terbesar di Asia Tenggara itu sebagai upaya Shalat.

“Diganti dengan shalat dzuhur yang dilakukan tidak berjamaah. Masjid ini juga berlaku untuk masjid di DKI Jakarta, ”terangnya.

Masjid Humas Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan meskipun tidak mengadakan shalat Jumat, Masjid Istiqlal tetap mengumandangkan adzan di setiap waktu shalat. Selain itu, jemaah juga masih bisa melaksanakan shalat lima waktu di Masjid Istiqlal namun dilakukan tanpa berjemaah.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar setiap masjid di Jakarta, termasuk Masjid Istiqlal, meminta agar agar tidak melakukan shalat Jumat selama dua pekan ke depan. Hal ini, menurut Anies, dilakukan agar penanganan wabah corona cepat selesai.

“Seruan ini juga berlaku untuk seluruh masjid yang ada di wilayah DKI Jakarta,” imbuh Anies. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU