KASN Hadiri Uji Persentase dan Wawancara Calon Sekda Bombana di Kantor Bupati

1,251
Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN) Bidang Pengawasan dan Pengisian JPT Wilayah Dua, Prof Agustinus (kedua dari kanan) bersama Pj Sekda Sultra La Ode Ahmad, P.B. (kedua dari kiri) saat menghadiri uji presentase dan wawancara calon Sekda Bombana di Kantor Bupati Bombana, Jumat (13/3/2020). Foto- Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris daerah (Sekda) Bombana  memasuki tahap akhir. Dalam babak injury time ini, tiga bakal calon pimpinan tertinggi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di eks otorita Kabupaten Buton itu mengikuti  ujian presentase dan wawancara.

Tahapan akhir pencarian kandidat “jenderal” PNS di Wonua Bombana dilaksanakan Jumat (13/3/2020) di kantor Bupati Bombana. Kegiatan ini terbilang sangat spesial. Selain dihadiri semua panitia seleksi (Pansel) JPTP calon Sekda Bombana, tahapan presentase dan wawancara, juga diawasi langsung Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN) di tempat seleksi yakni kantor Bupati setempat.

Tidak main-main, lembaga pimpinan Prof. Dr Agus Pramusinto, MDA itu, mengutus satu komisionernya yakni Prof. Dr. Agustinus Fatem, MT. Doktor Administrasi publik dari Universitas Padjajaran ini merupakan komisioner yang membidangi pengawasan dan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) wilayah 2 yang meliputi semua Provinsi di Pulau Sulawesi dan Maluku.

Prof. Agustinus tidak datang sendiri, Dia juga membawa satu asisten komisiner (Askom)
bidangi pengawasan dan pengisian Kukuh Heru Yanto serta stafnya, Stephany Kartika Truwibowo. Saat seleksi ini digelar mulai pukul 17.20 wita, Prof Agustinus juga berada di dalam ruang rapat Bupati Bombana di lantai dua, tempat presentase dan wawancara calon sekda Bombana.

Ditempat ini, juga ada Pj Sekda Sultra, La Ode Ahmad sekaligus ketua Pansel, La Ode Mustari Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Sultra merangkap sekretaris Pansel, Prof Eka Suaib, Prof Andi Bahrun serta Andi Sakka Rahman. Saat memberi aambutan sebelum sesi presentase dan wawancara dimulai, Prof Agustinus mengatakan, kehadirannya di Bombana untuk memastikan secara langsung apakah proses seleksi Sekda Bombana berjalan sesuai aturan yang ada. Meski keberadaannya menjelang tahap akhir, namun dirinya merasa yakin jika beberapa tahapan yang sudah digelar berjalan dengan baik, karena sudah dikawal pejabat Sekda Sultra serta orang-orang berpengalaman dalam proses seleksi..

“Tahapan ini (presentase dan wawancara) merupakan tahap akhir. Kepada tiga nama yang masuk tiga besar, silakan yakinkan pansel siapa yang terbaik dan yang layak dipilih eh Bupati sebagai PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian),” katanya.

Sementara PJ Sekda La Ode Ahmad P.B mengucapkan selamat kepada Man Arfa, Basiran dan Pajawa Tarika, karena ketiganya sudah masuk dalam tiga besar calon Sekda Bombana. Ketua Pansel seleksi Sekda Bombana ini menambahkan, tahapan presentase ini merupakan seleksi terakhir dimana hasilnya akan dilaporkan kepada Bupati dan selanjutnya dilaporkan ke KASN.

“Saya sampaikan selamat kepada kalian bertiga, karena diberi kesempatan sampai tahap presentase dan wawancara,” katanya. PJ Sekda Sultra berpesan kepada tiga kandidat sekda Bombana untuk mengikuti proses terakhir dengan sebaik-baiknya serta penuh konsentrasi, santai dan jangan tegang. Sebab tiga calon Sekda ini merupakan harapan masyarakat Bombana untuk membantu Bupati, dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan kemasyarakatan. (Av)

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU