Dukung Resolusi Pemasyarakatan 2020, LPP Kendari Gelar Media Gathering

847

 

Petugas LPP dan LPKA Kendari beserta insan pers dan stakeholder saat mengikuti Media Gathering di LPP Kendari, Kamis (27/2/2020).

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari, menggelar kegiatan Media Gathering, dengan tema ‘Kolaborasi, Dukung Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020’, bertempat di Aula Lapas setempat, Kamis (27/2/2020).

Media Gathering ini digelar secara serentak oleh seluruh Lapas di Indonesia. Menjadi narasumber Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Sri Puguh Budi Utami.

Selain petugas Lapas Kelas III Kendari, Media Gathering juga dihadiri petugas LPKA Kendari beserta para jurnalis yang hadir mendengarkan penjelasan dari Ditjen PAS yang disiarkan langsung dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta, melalui Teleconfrence.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami melalui Teleconfrence menekankan 15 poin Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020, diantaranya komitmen mendorong 681 satuan kerja pemasyarakatan mendapatkan predikat WBK/WBBM. Kemudian mendukung pemberian hak remisi sebanyak 288.530 narapidana, pemberian program integrasi berupa PB, CB, CMB dan asimilasi kepada 69.358 narapidana.

Selain itu, pemberian rehabilitasi medis dan sosial kepada 21.540 narapidana pengguna narkotika. Lalu pencegahan dan pengendalian penyakit menular diseluruh Lapas atau Rutan, serta peningkatan kualitas WBP menjadi SDM unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikasi kepada 35.860 narapidana. Termasuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak atau PNBP sebesar Rp7 miliar dari seluruh Lapas yang ada di Indonesia.

Kepala LPP Kelas III Kendari, melalui Kasubsi Advisi Orientasi, Siti Haliza mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara jajaran LPP Kelas III Kendari dengan insan media dan stakeholder terkait.

“Melalui media gathering ini kami mengajak media agar bisa mempublikasikan kegiatan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020,” kata Siti.

Ia menjelaskan, salah satu poin dalam resolusi tersebut yakni Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihasilkan dari kreativitas warga binaan setiap bulannya. Dimana tahun ini ditargetkan sekitar Rp7 miliar untuk seluruh Lapas di Indonesia.

“Untuk Lapas Perempuan Kelas III Kendari itu sudah memberikan PNBP dari pertengahan tahun 2019 sekitar Rp250.000 per bulan, dan tahun ini kita ditargetkan bisa mencapai Rp500.000 per bulan.

Sehingga harapan kita, media bisa mempublikasikan target-target kegiatan yang ada di Lapas Perempuan ini agar bisa diketahui masyarakat luas,”jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Umum LPKA Kendari, I Ketut Ardiansyah berharap dengan digelarnya media Gathering ini, insan pers bisa bersinergi dengan baik bersama petugas Lapas Khusus Anak demi mensukseskan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020.

“Mari kita jaga silaturrahmi dan kita tingkatkan sinergitas, demi mensukseskan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020,” tuntasnya. (C/P8)

Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU