Hadapi Cuaca Buruk, SAR Kendari Ajarkan Siswa Keselamatan Diri

622

 

Istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – SAR Kendari menggelar kegiatan SAR Goes To School di SMAN 4 Kendari, Sabtu (22/2/2020). Kegiatan ini dilaksanakan dalam menghadapi cuaca buruk dan jelang puncak musim hujan yang sering kali terjadi bencana. Tak bisa dipungkiri cuaca buruk yang kerap terjadi akhir-akhir ini dapat menimbulkan banjir, tanah longsor dan musibah lainnya.

Goes to School SAR Kendari ini diikuti sebanyak 57 siswa yang tergabung dalam siswa pecinta alam dibekali bagaimana menyelamatkan diri.

“Selain mendapatkan materi pengenalan tupoksi Basarnas, mereka (siswa) juga mendapatkan materi Rappeling yaitu cara turun dari medan yg tinggi, baik untuk diri sendiri maupun pada saat membawa korban,” ujar Kasi Sumber Daya SAR Kendari, Kadek Wiryawan.

Materi Goes to School dibawakan oleh Tim Rescue Basarnas Kendari yang memiliki kualifikasi pendidikan High Angle Rescue Technique (HART). Ia pun menegaskan dalam kesempatan itu agar siswa yang memiliki kegiatan bisa menghubungi SAR.

“Kami juga mengimbau setiap kegiatan luar yang dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Basarnas dalam bentuk surat pemberitahuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi,” pintanya.

Tio, salah seorang siswa mengatakan jika ia bersama teman-temannya sangat antusias mengikuti kegiatan hari itu.

“Senang karena melalui kegiatan ini jika ada kegiatan di luar maka akan lebih aman,” pungkasnya.

Reporter: Fiyy

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU