Dua Profesor Jadi Timsel Calon Sekda Bombana

1,388
Kepala BKPSDM Bombana, Rusman Idja

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Pemda Bombana kini tengah mencari pejabat eselon II.A, yang akan menempati kursi sekretaris daerah (Sekda). Sejak akhir September 2019 lalu, jabatan tertinggi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di otorita pimpinan Haji Tafdil ini sudah kosong, pasca ditinggal almarhum Burhanuddin A HS Noy, karena purna bakti.

Nah, saat ini, posisi Sekda Bombana dijabat Beangga Harianto. Statusnya sebagai penjabat (PJ) atau pemegang jabatan orang lain untuk sementara. Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemprov Sultra ini, tercatat sebagai PJ kedua. Karena sebelumnya, Man Arfa, inspektur inspektorat Bombana menjadi suksesor pertama pasca almarhum Burhanuddin A HS Noy, pensiun dari PNS dalam usia 60 tahun.

Sejak pertengahan Januari 2020 ini, Pemda Bombana sudah membuka pendaftaran calon Sekda. Tercatat sudah sembilan Kepala Dinas, Asisten dan Staf Ahli di Pemda Bombana yang mengambil berkas pendaftaran. Jika sembilan ini serius melamar jadi “jenderal” PNS di tempat tugasnya, maka mereka siap-siap berhadapan dengan dua Profesor dari dua perguruan tinggi di Kendari.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Sebab, dua mahaguru itu menjadi bagian dari tim seleksi (timsel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Dua guru besar yang ditunjuk jadi timsel sekda Bombana adalah Prof Dr. Andi Bahrun, rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) serta Prof. Eka Suaib, guru besar dari Universitas Halu Oleo.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Rusman Idja membenarkan penunjukan dua Profesor itu sebagai timsel JPTP Sekda. “Timsel Sekda Bombana ada lima orang. Dua diantaranya Prof Andi Bahrun dan Prof Eka,” kata Rusman diruang kerjanya, Jumat (24/1/2020).

Sementara tiga timsel lainnya adalah Pj Sekda Provinsi, La Ode Ahmad Pidani Bolombo, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sultra, La Ode Mustari, serta unsur dari tokoh masyarakat yang juga mantan Kepala BKD Bombana, Andi Sakka Rahman. Mantan Asisten dan Staf Ahli di Setda Bombana ini menambahkan, timsel Sekda Bombana ini diketua Pj Sekda Provinsi. “Sesua aturan kalau seleksi terbuka JPTP Sekda Kabupaten/Kota, yang jadi Ketua dan sekretaris harus Sekda Prov dan sekretaris Kepala BKPSD atau BKD Provinsi,” ungkap Rusman. (Av)

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU