“Ini Surga” Hadir di Kota Kendari

469

 

Ketgam: Launching Klinik Konsultasi Keluarga Bahagia (Ini Surga) Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari. Foto: Nanan/Lenterasultra

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Layananan Klinik Konsultasi Keluarga Bahagia (Ini Surga) pada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari hadir di Kota Kendari. Ini Surga dilaunching oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Kendari Asni Bonea, Kamis (12/12/2019).

Asni Bonea mengatakan, keberhasilan pembangunan ini akan terus dikawal agar yang telah dicapai dapat dipertahankan bahkan terus ditingkatkan. Hal ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kota Kendari yang tinggi terhadap pentingnya revitalisasi program pembangunan keluarga yang tentunya harus ditindaklanjuti sampai pada tingkat lapangan.

Oleh karena itu, melalui peresmian pemanfaatan klinik konsultasi keluarga bahagia pada dinas pengendalian penduduk dan KB Kota Kendari terus pihaknya mengapresiasi yang telah melakukan sebuah inovasi.

“Semoga ini menjadi kiprah produk yang mampu memberi solusi, terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi keluarga dan masyarakat terkait kepesertaan ber-KB, kependudukan dan pengembangan keluarga khususnya dalam melaksanakan 8 fungsi keluarga,” ungkapnya.

BACA JUGA:  RSUD Muna Siapkan 12 Ruang Isolasi

Menurutnya penanganan masalah kependudukan dan KB harus melibatkan berbagai sektor. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas dan integritas antar program sektor terkait peningkatan kemitraan dan koordinasi antara dinas pengendalian penduduk dan KB Kota Kendari dengan perwakilan BKKBN di Sultra. Untuk membangun komitmen yang kuat dengan stakeholder terkait termasuk organisasi profesi dan LSM karena Kunci keberhasilan ada pada komitmen dan kemitraan.

“Hadirnya Ini Surga, saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai sarana konseling. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berkualitas,” katanya.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari, Nurhaeda mengatakan, keberadaan pusat konseling untuk membangun keluarga. Menurutnya ini sangat diperlukan mengingat Keberhasilan pembangunan suatu bangsa dari keluarga yang sejahtera dan berkualitas. Dengan rajin berkonsultasi maka keluarga bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik terutama dalam menjalani kehidupan rumah tangga dan mendidik putra-putrinya.

BACA JUGA:  Pameran Teknogi, Pemprov Sultra Tampilkan Diseminasi Proyek Ali Mazi

Untuk diketahui saat ini di kota Kendari masih terjadi pernikahan usia dini sebesar 0,82%, angka kebutuhan ber KB yang tidak terpenuhi sebesar 17,70%, persentasi keluarga pra Sejahtera masih di angka 30, 43% rasio akseptor KB yang harus dipertahankan.

Ada tujuh jenis konseling yang disediakan di klinik ini yakni informasi dan dokumentasi kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, konseling dan konsultasi keluarga balita, konsultasi dan konseling keluarga remaja, konsultasi dan konseling pranikah, konsultasi dan konseling Keluarga Berencana kesehatan reproduksi, konsultasi dan konseling keluarga harmonis, konsultasi dan konseling keluarga lansia.

Reporter: Nanan
Editor: Fiyy

Komentar Facebook