KM Usaha Baru Mati Mesin, 28 Penumpang Dievakuasi

207
33 POB dalam keadaan selamat tiba di Pelabuhan Wanci, Senin (02/12/19). Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERA SULTRA.COM –
Sebanyak 33 orang atau people on board (POB) berhasil dievakuasi dalam insiden kapal mati mesin. Mereka diantaranya 28 penumpang dan lima nahkoda dan ABK.

Diketahui, KM Usaha Baru rute Lasalimu-Wanci mengalami mati mesin di perairan Karang Kapota, sekitar 6 nautical mile dari Pos SAR Wakatobi, pada pukul 12.30 Wita, Senin (02/11/19).

Kepala Kantor SAR Kendari, Djunaidi membenarkan hal tersebut. Pihaknya menerima informasi dari Muhidin, salah seorang nahkoda KM Usaha Baru pada pukul 13.20 Wita.

Iklan
BACA JUGA:  Hamil 9 Bulan, Perempuan Wakatobi Jualan Pil PCC

“Berdasarkan laporan di atas pada pukul 13.30 tim rescue Pos SAR Wakatobi dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) diberangkatkan menuju Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap kapal mati mesin tersebut,” kata Djunaidi, Senin (02/12/19).

Sekitar pukul 13.50 Wita tim rescue Pos SAR Wakatobi bersama dengan
Pos AL Wakatobi, Polres Wakatobi, Pol Air Wanci, KM Azhar, dan Nelayan sekitar, berhasil menemukan KM Usaha Baru yang mengalami mati mesin tersebut.

“Kapal tersebut ditemukan kurang lebih sekitar 6 nautical mile sebelah barat dari LKK,” jelasnya.

BACA JUGA:  Tujuh Anggota DPRD Wakatobi Mundur, Pemprov Minta APBD 2019 Dirancang Ulang

Selanjutnya, KM Usaha Baru ditarik dengan menggunakan kapal KM Azhar menuju Pelabuhan Wanci, dan dikawal oleh tim rescue menggunakan RIB.

“Pukul 15.10 KM Usaha Baru tiba di Pelabuhan Wanci bersama 33 POB dalam keadaan selamat,” bebernya.

Operasi SAR terhadap KM Usaha Baru yang mengalami mati mesin di Perairan Karang Kapota dinyatakan selesai dan ditutup pada pukul 15.25 Wita.

Reporter: Mita Ayu
Editor: Wuu

Komentar Facebook