Ritual Larung Laut, Awali Pagelaran Buton Selatan Festival 2019

278

 

Tokoh adat saat melakukan ritual Larung Laut di Pantai Batauga Buton Selatan. Foto: safrin/lenterasultra

BUSEL, LENTERASULTRA.COM – Pagelaran Buton Selatan Festival, dimulai dengan ritual Larung Laut, dengan menampilkan puluhan nelayan menunjukan atraksi keahliannya dalam mengemudi perahu tradisional nelayan (Boti) di area Pantai Batauga.

Plt Bupati Buton Selatan, Arusani mengatakan, melalui festival yang pertama kali diselenggarakan di Busel, dapat memperkenalkan potensi wisata yang melimpah kepada dunia, terutama keindahan laut serta keahlian dalam mengemudi perahu tradisional.

BACA JUGA:  17 Jabatan Eselon Dua di Pemprov Sultra Dilelang, Berikut Daftarnya

“Kita di Busel ini banyak potensi wisata, sehingga dengan potensi itu kita perkenalkam kepada masyarakat luas untuk mengeksplor daerah kita ini,” katanya saat pagelaran Ritual Larung Laut. (29/11/19).

Arusani menerangkan tujuan dari pagelaran Busel Festival 2019 yakni, mengangkat potensi budaya, keindahan alam yang melimpah dan diekspos kepada wisatawan lokal dan manca negara sebagai daya tarik untuk berkunjung ke Busel.

BACA JUGA:  Lomba Fashion Show Bakal Meriahkan Imlek di Plazainn Kendari

Dia berharap, melalui pagelaran Busel Festival, daerah yang baru menginjak usia lima tahun dapat sejajar dengan daerah-daerah maju lainnya dan lewat festival pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan dapat melirik Busel untuk mengembangkannya.

“Harapan kita itu, kedepannya pemerintah pusat dapat melirik Busel sebagai daerah yang memiliki potensi wisata dan budaya mempunyai daya tarik tersendiri,” tutupnya.

Reporter: Safrin

Editor: Fiyy

Komentar Facebook