Wisata Bukit Rongi Busel Terbakar

1,555

 

Warga berupaya memadamkan api di padang savana Bukit Rongi. Foto: Safrin/lenterasultra.

BUSEL, LENTERASULTRA.COM – Wisata Padang Savana Bukit Rongi, Kabupaten Buton Selatan (Busel), terbakar pada Jumat (18/10/19), sekitar pukul 14.00 Wita. Seorang warga, Asiri mengatakan, ia mengetahui kebakaran setelah melihat gumpalan asap tebal di perbukitan. Ia bersama warga pun lantas menuju gumpalan asap tersebut.

“Warga disini mengetahui ada kebakaran dari asap tebal, sehingga kami berlarian sambil memanggil warga lain bahwa ada kebakaran di bukit,” katanya.

Dengan alat seadanya, warga berlari untuk memadamkan api yang terus menjalar. Hingga sore hari warga berhasil memadamkan kebakaran tersebut dan sebagian warga masih berjaga-jaga, mengantisipasi bila api kembali muncul. Karena kondisi angina sangat kencang.

Menurutnya, hampir setiap tahun bisa dipastikan terjadi kebakaran di lokasi tersebut. Namun ia tak tahu pasti penyebab kebakaran. Namun menurut sebagian warga kebakaran tersebut dipicu rumput bukit yang telah mati, ditambah panas matahari sehingga menyulut terjadinya kebakaran.

“Kita belum tahu pasti penyebab kebakaran. Warga di sini sudah terbiasa karena setiap tahun sering terjadi hal sama,” tutupnya.

Reporter: Safrin
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU