Bawaslu Sultra Gelar Bimtek Bagi Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota

589

 

Bimtek peliputan dan penulisan berita pengawasan Pemilu bagi Bawaslu Kabupaten/Kota di salah satu Hotel Kendari. Foto: Rais.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara, menyelenggarakan bimbingan teknis peliputan dan penulisan berita pengawasan pemilu, Kamis (03/10/2019). Kegiatan ini dibuka langsung oleh anggota Bawaslu RI, Mochamad Afifuddin. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini berasal dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara, praktisi pers, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Sultra, dan pers lokal.

Panitia kegiatan, Asni Salam mengatakan, setiap berita pengawasan Pemilu oleh Bawaslu dipandang sebagai kreativitas ilmiah, sehingga tidak hanya berorientasi pada kecepatan dan pemenuhan lalu lintas informasi di jagat virtual, akan tetapi bagaimana menyalurkan informasi secara layak, informatif dan dapat di pertanggungjawabkan kepada publik.

“Teknis penulisan, kecakapan penulisan pewarta terhadap penyelenggaraan pengawasan, menjadi kunci kualitas informasi penyelenggaraan pengawasan Bawaslu yang telah disampaikan ke publik” jelasnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, peserta dari Bawaslu masing-masing daerah memiliki pengetahuan tentang teknik-teknik peliputan berita dan penulisan berita yang benar. Sehingga dapat menyajikan hasil pengawasan pemilu yang cepat, tepat, transparan dan akuntabel.

“Memiliki pengetahuan tentang teknik-teknik peliputan berita dan penulisan berita yang benar, mampu melakukan peliputan dan penulisan berita pengawasan dan dapat menyajikan informasi hasil pengawasan pemilu yang berkualitas,” imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti 75 peserta yang terdiri atas 51 orang ketua dan anggota Bawaslu dari 17 kabupaten/kota, 17 orang staf sekretaris dan 7 orang staf Bawaslu Sultra.

Reporter: Rais
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU