Bobi Ertanto Calon Ketua DPRD Buteng?

1068
BERBAGI
Ketua DPC PDIP Buton Tengah Samahuddin Foto-Internet

BUTENG,  LENTERASULTRA.COM– Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) digdaya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), saat Pemilihan calon anggota legislatif, 17 April 2019 lalu. Tidak tanggung-tanggung, Partai yang digawangi Samahuddin ini, sukses mendudukkan delapan kadernya di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Melenggangnya delapan kader Partai berlambang kerbau hitam bermoncong putih, menjadi sejarah baru di daerah bekas otorita Kabupaten Buton itu. Atas prestasi tersebut, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini, berhak merebut kursi Ketua DPRD Buteng, yang lima tahun terakhir ini di kendalikan kader dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ada tiga nama dari delapan kader yang lolos di DPRD, sudah diusul PDIP Buteng ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) sebagai calon Ketua. Mereka adalah Bobi Ertanto, Syarifudin dan Hendi Syafrini. Bahkan dari tiga calon yang diusung itu, DPP sudah memutuskan satu nama sebagai orang ketiga di Buteng dan mendapat fasilitas kendaraan dinas dengan nomor polisi DT 3 Y. Namun sampai Jumat (13/9/2019), belum ada keterangan resmi dari DPP maupun DPC PDIP Buteng, siapa yang ditunjuk menjadi ketua DPRD Buteng.

Iklan

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Buteng, Samahuddin mengatakan, penentuan calon ketua DPRD Buteng diserahkan sepenuhnya kepada Dewan Pengurus Pusat. Untuk nama-namanya sudah diserahkan ke DPP. “Ada tiga nama yang diusulkan, La Bobi (Bobi Ertanto) Syarifudin dan bendahara (Hendi Syafrini),” kata Samahuddin, saat ditemui di acara peringatan satu tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Lukman Abunawas, Kamis (5/9/2019) di salah satu hotel d Kendari.

Bupati Buton Tengah ini mengatakan, untuk pastinya siapa calon Ketua DPRD Buteng, akan diketahui pada saat pelantikan anggota DPRD Buteng periode 2019-2024 yang akan dilaksanakan di DPRD setempat, 1 Oktober mendatang. Sementara sumber yang dihimpun wartawan lentera Sultra.com di Buton Tengah, salah satu nama yang disebut-sebut menjadi calon ketua DPRD Buteng adalah Bobi Ertanto.

Bobi Ertanto merupakan calon anggota DPRD Buteng terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) 5 yang meliputi Kecamatan Talaga Raya. Saat pemilu lalu, Bobi meraih 1.235 suara. Alumni Universitas Halu Oleo ini, merupakan peraih suara terbanyak dari Dapil Talaga Raya. Dia mengalahkan legislator Petahana dari Partai Gerindra, bernama Dani, yang hanya meraih 1.026 suara. Di dapil ini, juga ada seorang Srikandi Talaga Raya bernama Rosmaya yang duduk di lembaga legislatif. “Dari tiga kursi di Dapil 5, yang lolos dua laki-laki, satu perempuan,” ucap Bobi, kepada lenterasultra.com.

Nama Bobi Ertanto sebagai calon ketua DPRD Buteng juga menggaung di gedung parlemen Buteng. Sejumlah calon rekannya baik yang berstatus petahana maupun yang tidak terpilih lagi sudah mendengar kabar, jika putra Talaga Raya ini bakal memimpin lembaga DPRD. Salah satunya adalah Tasman, anggota DPRD Buteng periode 2014-2019. Menurut anggota DPRD terpilih 2019-2024 dari Partai Keadilan Sejahtera ini, nama Bobi Ertanto diprediksi duduk sebagai Ketua. “Bobi calon ketua DPRD,” ungkap Tasman, di DPRD Buteng, Kamis (12/9/2019).

Penulis : Adhi

Komentar Facebook