28 Wisatawan Asing Ikut Lomba Dayung di Buton

425

 

Salah satu wisatawan saat mencoba menaklukan obak Teluk Pasarwajo dengan perahu tradisional. Foto: Safrin/Lenterasultra.

BUTON, LENTERASULTRA. COM – Lomba dayung menggunakan perahu tradisional memeriahkan festival Budaya Tua Buton. Uniknya di antara peserta dayung tersebut terdapat puluhan wisatawan manca negara ikut serta. Seperti wisatawan berkewarganegaraan Australia, Amerika, Spanyol, Prancis, New Zealand, Briatnia, India, Canada dan Jerman. Tercatat sebanyak 28 wisatawan mengikuti lomba ini. Sementara 30 peserta lainnya berasal dari warga sekitar.

Kepala Dinas Pariwisata Buton, Zainuddin menerangkan, peserta lomba dayung dibagi dalam tiga kategori yakni tunggal putri, tunggal putra dan berpasangan.

Tidak sedikit peserta yang tergulung ombak saat berusaha mencapai garis finish. Peserta bersama perahunya ikut terbalik.

“Karena keras ombaknya, akhirnya kebanyakan peserta terbawa ombak, lebih asiknya lagi pada saat wisman yang terbawa ombak penonton langsung bersorak menyemangatinya,” ucapnya.

Wisatawan asal Australia, Greg, memgapresiasi Pemerintah Daerah Buton, karena telah mengikutsertakannya dalam lomba dayung perahu tradisional. Meskipun mereka tidak mempunyai pengalam dalam mendayung perahu namun berkat lomba ini mereka mendapat kesempatan untuk belajar mendayung.

“Mendayung sampan tradisional merupakan hal baru bagi kami dan ini sangat menarik, kita belajar bahwa masyarakat Buton telah mengenal kemaritiman sejak dulu,” tuturnya.

Saat mencoba dayung perahu, Greg mengatakan agak sedikit kesulitan menaiki perahu, namun dengan semangat dan ingin beradaptasi ia berhasil meniki sampan meskipun ombak yang kencang.

Reporter: Safrin
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU