Cek Kesiapan Personel, Kapolres Buton Bakal Tindak Pelaku Karhutla

259

 

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman dan Wakil Bupati Buton, Iis Elyanti beserta Kejari saat mengecek personel karhutla. Foto: Safrin/Lenterasultra.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Buton beserta jajaran menggelar apel kesiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Apel digelar dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel dalam menghadapi Karhutla di wilayah Sulawesi Tenggara.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengatakan, kegiatan ini sekaligus mengecek kesiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menangani karhutla khususnya di wilayah Kabupaten Buton.

“Masuk musim kemarau ini sangat perlu kita cek kesiapan personel dan kesiapan perlengkapannya,” katanya saat ditemui usai apel peringati karhutla, di lapangan Banabungi Pasarwajo, (15/8/19).

Andi Herman menjelaskan, terkhusus di wilayah hukum Polres Buton, beberapa tahun terakir sering terjadi kebakaran di wilayah bukit teletubbies Desa Wanguangu, Kecamatan Pasarwajo. Sehingga dengan adanya apel persiapan, pihaknya telah siap dalam segala hal.

Andi Herman mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buton dan Buton Selatan, untuk tidak membakar hutan dan lahan. Jika ada oknum dengam sengaja membakar hutan maka akan diproses secara hukum untuk memberi efek jera.

“Saya harap kepada seluruh masyarakat, untuk bahu-membahu dalam mencegah sekaligus mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” tutupnya.

Selain merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem, lanjut Andi, karhutla dapat mengganggu kesehatan dan jalur penerbangan akibat asap yang ditimbulkan.

Reporter: Safrin
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU