Pemekaran Kepton Layak namun Terganjal Moratorium

442

 

KAnggota DPR-RI dapil Sultra, Ridwan Bae, saat berkunjung di Kendari. Foto: Nanan/Lenterasultra.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Anggota DPR-RI dapil Sultra, Ridwan Bae mengatakan, rencana pemekaran Kepulauan Buton (Kepton) menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) dianggap layak. Ia menututkan, persiapan pemekarannya pun sudah sempurna.

Namun sayang hal tersebut belum dapat terealisasi. Karena Presiden RI belum mencabut moratorium pemekaran.

“Kita tunggu kebijakan presiden, karena sekarang lagi moratorium. Tapi yang jelas undang-undangnya sampai hari ini belum dicabut. Dengan demikian tak ada larangan hanya terhenti sementara,” ungkapnya.

Moratorium pemekaran belum dicabut. Karena prinsipnya pemekaran sebuah daerah tidak asal dimekarkan tetapi harus dikaji lebih lanjut dan ditelaah. Meski rencana pemekaran Kepton sudah sampai pada orang nomor Indonesia tersebut.

Ridwan Bae menegaskan akan terus menyuarakan pemekaran Kepton. Harapan ini akan ia sampaikan usai Presiden Indonesia dilantik.

“Kita berharap setelah Pak Jokowi terpilih dan dilantik menjadi Presiden RI dua periode bisa membuka diri dan bisa membuka moratorium pemekaran daerah,” katanya.

Saat ini bukan hanya Kepton yang mengusulkan menjadi DOB, tetapi ada empat wilayah lainnya yang mengusulkan untuk mekar, seperti Kabaena, Konawe Timur, Muna Timur, Kota Raha, dan Kolaka Selatan.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU