Dewan Pers Imbau Media Harus Kawal Pemilu dan Janji Kandidat Terpilih

393

 

Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan, saat membawakan materi workshop peliputan pasca pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019 di Kendari, Kamis (25/7/2019). Foto: Nanan/Lenterasultra.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan & Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers, Jamalul Insan menegaskan, tugas media massa tak hanya sebatas memberitakan proses pemilu. Akan tetapi kehadiran media harus mampu mengawal janji-janji politik para kandidat yang lolos, baik itu legislator maupun kepala daerah.

“Jangan hanya liput proses pungut hitung pesta demokrasi, habis itu udah selesai. Wah, peran media bukan sampai disitu saja. Keberadaan kita itu harus bisa mengawal janji-janji politik para politisi yang telah diumbar ke publik saat sosialisasi atau kampanye,” ujarnya saat membawakan materi workshop peliputan pasca pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019, di Kendari, Kamis (25/7/2019).

Di sinilah peran media sebagai kontrol sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingatkan kepada para wakil rakyat yang terpilih untuk memenuhi janji kampanyenya.

“Karena saya melihat kadang kala para wartawan usai meliput perhelatan pesta demokrasi selesai, pemberitaan seputar pemilu juga selesai. Kita tidak pernah mem-follow up sampai tuntas,” katanya.

Ia juga mengingatkan dalam memberitakan, media itu harus independen. Selain independen, media juga harus mengacu pada azas keberimbangan atau cover both side. Hal ini harus diperhatikan dalam menyajikan berita agar tidak ada pihak yang diuntungkan atau dirugikan.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU