Musim Haji 2019, Pemkot Kendari Bantu Biaya Lokal CJH Rp250 Juta

561

 

Kabag Kesra Kota Kendari, Abdul Rauf. Foto: Nanan.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Di musim haji tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Kendari mengalokasikan dana sebesar Rp250 juta. Biaya ini untuk meringankan biaya lokal calon jemaah haji yang berjumlah 646 orang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, bantuan biaya lokal CJH bersumber dari APBD Kota Kendari tahun 2019.

Bantuan tersebut diberikan untuk membantu akomodasi mulai dari keberangkatan hingga kepulangan jemaah. Baik itu biaya konsumsi jemaah dari asrama haji menuju Bandara Halu Oleo hingga tiba di Embarkasi Makassar.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Biaya lokal haji menjadi kewenangan dan tanggung jawab pemerintah daerah. Hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 13 tahun 2008 pasal 35. Bahwa setiap kepala daerah baik gubernur, wali kota dan bupati berkewajiban memberikan bantuan transportasi.

“Tidak ada batasan minumum atau maksimun terkait biaya lokal. Semua tergantung kemampuan keuangan pemerintah daerah,” jelasnya.

Ia juga menambahkan untuk mematangkan persiapan keberangkatan calon jemaah haji Kota Kendari, pihaknya akan menggelar rapat pada Rabu 3 Juli, bersama perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama yang bakal dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar.

“Kita akan bahas pengaturan berangkat jemaah dan masih banyak lainnya yang perlu dibahas bersama,” pungkasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Wuu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU