30 PNS Dishub Kota Baubau Jalani Tes Urine, Semua Negatif Narkoba

834
BNNK Baubau, usai melakukan tes urine di Dishub Baubau. (HENGKI/LENTERASULTRA.COM)
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

BAUBAU, LENTERASULTRA.COM –  Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Baubau melakukan tes urine di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau, Selasa (23/04/2019). Hasilnya, Kepala Dinas dan 29 PNS tidak ada yang ditemukan positif narkotika.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, guna menindaanjuti  Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2018 tentang rencana aksi nasional pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba dan Permendagri Nomor 12 Tahun 2009, fasilitasi pencegahan. Dimana salah satu poin pentingnya, mengintruksikan kepada Kementerian/Lembaga, Wali Kota hingga Bupati untuk melakukan upaya fasilitasi pencegahan. Sehingga, dengan melakukan tes urine, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Dari seluruh OPD di Kota Baubau, kami hanya mengambil empat OPD saja, diawali dengan Dishub Kota Baubau,” ungkap Alamsyah, Kepala BNNK Baubau saat dikonfirmasi beberapa awak media, Selasa, (23/4/2019).

Lanjutnya, pihaknya hanya mengambil sampel sebanyak 30 orang saja disetiap OPD, sebab keterbatasan alat dan anggaran. Oleh sebab itu, pihaknya berharap Pemerintah Kota (Pemkot) dapat melakukan upaya penambahan anggaran dalam rangka menindak lanjuti, untuk pencegahan dan memeriksa ASN di Kota Baubau.

“Jadi pengambilan sampel ke empat OPD ini, masih menggunakan anggaran BNN Pusat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dishub Kota Baubau, H Idrus Taufiq Saidi mengatakan ini menjadi contoh, pentingnya tumbuh awal narkoba, dengan mau tes urine. Harapan, sebagai instansi Dishub, yang melakukan pengamanan di pintu masuk mulai dari Bandara, Pelabuhan, Dermaga lainnya, juga dapat mencegah masuknya narkoba di Kota Baubau.

“Kegiatannya sangat mendadak, jadi saya menyampaikan kepada staf, ini pencegahan, sosialisasi, dan pengawasan dari BNNK. Sehingga 30 staf dan unsur pimpinan melakukan tes urine,” kata Kadis.

Reporter: Hengki TA
Editor: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU