UMK Lepas 250 Mahasiswanya KKA di Bombana

276
Penerimaan Mahasiswa UMK KKA periode ke-IX tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Bombana. (AGUS/LENTERASULTRA)

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 250 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) dari berbagai Jurusan, mengikuti Kuliah Kerja Amaliyah (KKA) di Kabupaten Bombana, Sulawesi tenggara (Sultra). Dari keseluruhan jumlah tersebut, disebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Poleang tengah, Rarowatu dan Kecamatan Mata Oleo.

Saat penerimaan mahasiswa KKA UMK di Aula Kantor Bupati, Kamis (14/2/19), Bupati Bombana, H. Tafdil yang diwakali oleh asistennya, Engki menyampaikan, kegiatan KKA tersebut merupakan bentuk pengabdian yang nyata antara dunia kampus dan masyarakat.

“Melalui kegiatan KKA ini, mahasiswa bisa transfer pengetahuan dan kentrampilan yang diperoleh di universitas kepada masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat langsung ke masyarakat,” tuturnya.

Lanjutnya, Bupati Bombana juga menekankan agar mahasiswa yang mengikuti KKA agar selalu menggunakan metode komunikasi yang tepat dan santun saat bersentuhan dengan masyarakat sesuai adat istiadat masyarakat setempat.

Melalui staf ahlinya, dia berpesan agar mahasiswa UMK yang mengikuti KKA di Kabupaten Bombana tidak tercemar dengan kegiatan-kegiatan lain di luar nuansa pengabdian, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat.

“Marilah kita jaga bersama, agar tidak tercemar dengan kegiatan lain, apalagi mengarah ke hal-hal berbau politik, kan kita tau, saat ini tahun politik, ya serta jangan menyimpang dari kaidah-kaidah sosial dan agama yang berlaku di libgkungan masyarakat,” tuturnya.

Secara terpisah, saat dikonfirmasi terkait fokus utama KKA UMK ini, Rektor UMK, Muhammad Nur mengungkapkan, fokus utama mereka adalah bagaimana bisa mensejahtrakan masyarakat melalui pembinaan-pembinaan, juga kegiatan-kegiatan yang terfokus di masjid.

“Fokusnya pada kegiatan-kegiatan di tempat ibadah melalui pembinaan sehingga nanti masyarakat kita bisa sejahtra dunia dan akhirat, juga harapan kami mahisswa itu mejalankan kegiatan KKA itu sebaik-baiknya sehingga nanti kehadirannya itu nanti punya kotribusi kesejahteraan masyarakat” pungkasnya.

Diketahui, Mahasiswa UMK yang mengikuti KKA ini, selama 45 hari terhitung tanggal 14 Februari ini, dimana tersebar di tiga kecamatan di kabupaten Bombana. Selain itu, UMK juga menurunkan mahasiswanya untuk mengikuti KKA gelombang ke IX tahun angkatan 2019 di Konawe selatan.

Reporter: Agus Saputra
Editor: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU