Hajrah L Johan, Mantan Atlet Tuna Netra Asal Bombana Meninggal Dunia

846
Hajrah L Johan (tengah), mantan Atlet asal Bombana. (Istimewa)

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM – Kabar duka datang dari Dunia Olahraga tanah air. Hajrah L Johan mantan atlet yang pernah mewakili Indonesia di berbagai event, termasuk Asean Para Games (APG) menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya, yang bertempat Kelurahan Rahampuu, Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi tenggara (Sultra) Rabu (6/2/19).

Kabar tersebut dibenarkan oleh pihak keluarga. “Ia benar, Hajrah meninggal pukul 04.00 subuh tadi dengan penyakit yang sama saat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Bahteramas Kendari,” tutur Wita salah satu keluarga almarhumah saat dikonfirmasi lewat telepon seluler.

Menurut, Hajrah meninggal akibat penyakit komplikasi yang dideritanya sekitar enam bulan lalu yakni tuber colosis dan diabetes mellitus. Sebelumnya Hajrah melalui bantuan pemerintah Bombana, sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bombana. Namun karena minimnya fasilitas yang ada di RSUD tersebut, akhirnya Hajrah dirujuk ke RSU Bahteramas Sultra.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Lanjutnya, setelah Hajrah keluar dari RSUD Bahteramas sekitar Oktober 2018 lalu, kondisinya lumayan membaik. Bahkan Hajrah sudah bisa melakukan aktifitas ringan seperti berjalan. Akan tetapi, pihak RSU Bahteramas menyarankan agar Hajrah tetap melakukan kontrol kesehatan lanjutan pada Desember 2018 lalu. “Namun karena terkendala biaya jadi Hajrah memutuskan tidak lagi berobat,” tuturnya.

Perlu diketahui, semasa hidupnya Hajrah acap kali menorehkan berbagai prestasi di bidang olahraga. Tercatat, pada 2008 lalu, Hajrah meraih juara 1 untuk tiga cabang olahraga dalam ajang Porcanas di Kalimantan Timur, yakni lomba lempar cakram, tolak peluru dan lari 100 meter.

Kemudian, ia meraih juara 2 pada lomba lari dengan jarak 200 meter di Kota Solo pada ajang Asean Para Games di tahun 2011 silam. Di ajang ini, dia juga mempersembahkan medali perunggu untuk Indonesia dalam olaraga lari 400 meter.

Tak hanya itu, di tahun 2012, Hajrah kembali meraih juara 2 dalam lomba lari 200 meter pada ajang Peparnas di Provinsi Riau.

Reporter: Agus Saputra

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU