Diresmikan Ali Mazi, Gedung BI Baru Dirancang Tahan Gempa

374
Peletakan batu pertama pembangunan KPw BI Sultra yang baru. (PEBRIANTO/LENTERASULTRA)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sultra di Jalan Halu Oleo Komplek Pemerintah Provinsi Sultra, Senin, (4/1/2019). Peletakan batu pertama ini menandai dimulai tahap selanjutnya pembangunan KPw BI Sultra yang direncanakan tahan gempa ini.

Rencananya Gedung KPw BI Sultra akan dibangun di atas luas lahan 20.000 meter persegi dengan luas bangunan 10.214,99 meter persegi. Gedung ini akan terdiri dari empat lantai yang kokoh, berwibawa dan tahan gempa.

Related Posts
Desain bangunan nantinya akan merepresentasikan citra Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang kokoh , Formal, Berwibawa dan Monumental. Bentuk masa bangunan berasal dari bentuk geometris yang simpel dengan dasar gedung masif dan kokoh, mewadahi ruang operasional kas BI yang memiliki standar pengamanan tinggi.

“Oleh karena itu, dengan di mulainya pembangunan Gedung baru BI Sultra pada hari ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan kinerja para pegawai BI itu sendiri,” ungkap Ali Mazi saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan persembahkan Gedung BI Sultra ini sejalan dengan Visinya yaitu menguatkan BI juga dari sarana dan prasananya.

“Bahwa sarana dan prasaran yang kita bangun tidak terlepas dari visi perekonomian dari pusat dan daerah,” ungkap Perry.

Lanjut Perry, ada empat ciri-ciri dari pembangunan gedung BI Sultra yang baru ini. Pertama, melihat dari Struktur bagunan BI Sultra, harus berdiri kokoh sebagai penegak perkeonomian dari pusat dan daerah. “Yang kedua bagaimana kita membawa, bahwa gedung BI itu harus melakukan sinergi dengan pemerintah daerah, masyakat dan pelaku ekonomi di Sultra, dan konsep ini berdasarkan dari Tenun Tolaki Kendari sebagai cermin kearifan lokal,” katanya.

Ketiga Konsep yang terbuka dan transparan, karena menurjtnya perlu keterbukaan dalam membangun BI. Sedangkan yang terakhir adalah ramah lingkungan

“Saya berterima kasih kepada Seluruh Dinas-Dinas untuk mempermudah kami dalam memberikan izinnya untuk pembangunan kantor BI Sultra ini,” tutup Perry.

Laporan : Pebrianto

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU