Wisata Air Meronga Gerakan Ekonomi Masyarakat Konsel

730
Wisata Air Meronga. (Istimewa)

KONSEL, LENTERASULTRA.COM – Jika anda ingin menikmati wisata alam yang baru di Provinsi Sulawei Tenggara (Sultra) silahkan berkunjung ke Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Di sana, sudah ada taman wisata terbaru yang dihiasi dengan danau yang luas dan panjang serta dikepung gunung-gunung yang tinggi.

Danau itu berada di Desa Meronga Raya Kecamatan Lalembuu, kabupaten konsel. Keindahannya yang menakjubkan sehingga mampu membuat perasaan wisatawan terpukau.

Wisata itu dinamakan Wisata Air Meronga (WAM) oleh Pemerintah Desa setempat. Jadi bagi wisatawan yang sudah jenuh dengan tempat wisata lain yang ada di sultra, tidak perlu patah semangat silahkan berkunjung ke Wisata WAM.

Iklan

Di sana, Anda akan merasakan kesejukan alam yang menarik. Selain itu, Wisata Air Meronga (WAM) juga memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas permainan seperti Perahu Karet yang bermodel jenis bebek dan rencananya tahun depan akan dilengkapi dengan Banana Boath.

Disaranka, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ketempat menarik itu, membawa kamera DSLR atau handphone untuk mengabadikan momen liburan anda.

Namun perlu anda ketahui bahwa berdirinya tempat wisata itu atas inisiatif Pemerintah Desa Meronga Raya Meronga Raya. Jannatul Wasillah, Bendahara Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Meronga Raya berhasil mengelola kekayaaan alam di desanya hanya dengan menggunakan dana yang seadanya.

“Jadi, berdirinya tempat wisata tersebut didanai dari sebagian Bumdes Meronga Raya,” ungkap Jannatul Wasillah kepada wartawan lenterasultra.com.

Ia berharap berharap Wisata ini bisa berkembang. Makanya, pengunjung dikenakan biaya retribusi. “Tidak mahal kok, retribusinya cuma Rp.5.000/orang dan kalau naik bebek 20.000/orang,” kata wanita berhijab itu.

Lanjut Jannatul, berdirinya wisata tersebut dapat menggerakan perekonomian di wilayah tersebut. Pasalnya, warga bisa berjualan di lokasi.

“Banyak warga yang menjual jadi sudah ada tempatnya mereka cari uang,” tuntasnya.

Reporter: Rizal
Editor: Restu Fadilah
Komentar Facebook