Sehari 3 Daerah Sultra Diguncang Gempabumi, Malam Ini Giliran Kota Kendari

544
Foto istimewa BMKG Kendari.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Dalam seharian ini hinggal pukul 22.00 Wita Rabu 3 Oktober 2018, tiga daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) diguncang gempabumi tektonik. Pagi tadi terjadi di Konawe Utara (Konut), kemudian Konawe Kepulauan (Konkep) dengan kekuatan berbeda. Malam ini, giliran Kota Kendari dan sekitarnya dengan kekuatan gempabumi tektonik 3,9 M pada pukul 21:25:21 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si., mengubgkapkan, Rabu, 03 Oktober 2018 pukul 21:25:21 Wita telah terjadi gempabumi tektonik di daerah Kendari dan disekitarnya.

Berdasarkan, hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M=3.9. Lokasi pusat gempa berada di laut, 50 Km Timur laut Kendari-Sultra pada koordinat 3,76 LS-123.03 BT pada kedalaman 10 km. Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini terjadi akibat aktifitas sesar Lawanopo.

“Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II MMI di Kendari dan Pulau Wawoni yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi,” ungkap Rosa Amelia.

Pada skala ini lanjutnya, digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.
Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG/II MMI) di Kendari dan di Wawoni Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” imbuhnya. (Isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU