KemenPAN-RB Nilai Tiga OPD Kota Kendari

347
Tim KemenPAN-RB tinjau langsung layanan RSUD Kota Kendari, Selasa 4/9/2018.

Kendari,Lenterasultra.com-Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN RB RI) melakukan penilaian role model pelayanan publik pada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Penilaian tersebut dilakukan ditiga Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lebih banyak memberi pelayanan publik. Ketiga OPD itu adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari.

Penilaian pertama dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta RSUD Kota Kendari, Selasa 4 September 2018. Dimana ketiga OPD ini langsung berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

Dalam penilaian unit layanan publik menggunakan beberapa sudut pandang dengan melibatkan MenPAN RB sebagai evaluator, unit layanan publik sebagai penilai mandiri (self assesment) dan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Sedangkan komponen penilaian meliputi 6 aspek yakni, kompetensi pelaksana layanan, perilaku pelaksana layanan, sarana dan prasarana, sistem layanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi layanan publik.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Direktur RSUD Kota Kendari Asrida Mukaddim mengaku, terus memberikan layanan terbaik pada masyarakat, meskipun tidak dilakukan penilaian.

“Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua, RSUD Kota Kendari sudah 2 kali berturut-turut mendapat penghargaan role model ini, tahun 2017, rumah sakit kota mendapat kategori sangat baik, semoga tahun ini bisa dipertahankan,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PM & PTSP, Sri Yusnita memaparkan pelayanan yang sudah dilakukan kepada tim kemenPAN-RB.

“Hasil penilaian sementara, masih ada beberapa pembenahan yang masih harus kami lakukan, sebenarnya kami sudah buat hanya saja belum dimasukkan dalam materi penilaian,” ucapnya.

Namun, ia optimis dinasnya bisa memberikan yang terbaik untuk melayani masyarakat.

Selain menilai dokumen yang sudah disiapkan, tim MenPAN RB juga langsung melihat kondisi ril dilapangan denga meninjau langsung tiga OPD Kota Kendari itu. (Isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU