Destinasi Wisata di “Negeri Seribu Goa” Masuk Nominasi API Award

627
Tim API Award 2018 saat bertemu Bupati Buteng Samahuddin, Selasa (28/8) di kantor Bupati Buteng

LABUNGKARI, Lenterasultra.com- Kabupaten Buton Tengah kembali menjadi perhatian publik, melalui salah satu destinasi wisatanya. Hal ini memberi peluang untuk mengangkat pariwisata Buteng agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Peluang tersebut menyusul masuknya salah satu destinasi Buteng sebagai nominasi dalam kompetisi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2018 yang dirilis Juni lalu.

Daerah yang dikenal dengan jargon negeri seribu goa itu memiliki sejumlah objek wisata andalan. Satu diantaranya adalah goa Loba-Loba yang terletak di desa One Waara kecamatan Lakudo.

Goa ini memiliki keindahan yang cukup menarik sehingga goa Loba-Loba ini masuk dalam nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) awards tahun ini bersama tujuh daerah lainnya yang ada di Sultra.

Perumus API, Reno Permana yang dikonfirmasi saat berkunjung di kantor Bupati, Selasa (28/8) mengatakan, tahun ini ada tujuh daerah di Sultra yang objek wisatanya masuk dalam nomonasi API awards tahun ini.

Dari jumlah ini, objek wisata Loba-Loba saat ini berada di peringkat kelima terpopuler. Posisi ini tambah dia, masih bisa berubah bila masyarakat mendukung keindahan objek wisata tersebut.

“Anugerah pesona Indonesia memberi ruang kepada daerah untuk mempromosikan potensi wisata yang ada. Di Sultra, Buteng berada diperingkat kelima terpopuler dari tujuh daerah yang ada di Sultra yang masuk nominasi,” katanya.

Menurutnya, setiap tahun trend wisata selalu berbeda, sehingga tahun ini API terfokus pada trend alam. “Kalau tahun kemaren kita fokus di budaya, maka tahun ini kita fokus pada trend alam. Goa Loba-Loba ini merupakan salah satu objek wisata yang berpotensi menjadi objek wisata terpopuler di indonesia versi API,” jelas, Reno.

Menanggapi adanya objek wisata potensial tersebut bupati Buteng, Samahuddin mengaku akan terus mendukung instansi terkait dalam mempromosikan objek wisata yang ada di daerah itu.

Menurutnya, ajang promosi melalui API awards ini diharapkan mampu memperkenalkan objek wisata andalan Buteng hingga kekancah internasional.

“Apapun modelnya kita harus promosikan objek wisata kita. Ini adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat disini. Kita mau goa Loba-Loba nanti menjadi juara satu diajang API awards tahun ini,” terangnya. (Faisal)

Ketgam : Salah satu tim API Award 2018 saat bertemu langsung Bupati Buteng Samahuddin, Selasa (28/8)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU

10 Kadis di Bombana Dimutasi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Setelah lebih kurang empat bulan digodok, hasil job fit (seleksi pejabat eselon) di Pemkab Bombana, Sulawesi…