Seleksi Wawancara Dipantau KPU RI

534
Timsel KPU Zona Tiga, Ali Marhadi
Ketua Timsel KPU Zona Tiga, Muhamad Ali Marhadi (kedua dari kiri), bersama anggota. Foto: Isma

LENTERASULTRA.com – Tim seleksi KPU Kabupaten/Kota  Sultra sudah menetapkan jadwal wawancara bagi calon anggota KPU di 15 daerah. Tahapan yang akan dimulai Senin (16/4) ini rencananya akan dipantau langsung anggota KPU dan tim dari sekretariat KPU RI.

Ketua tim seleksi KPU zona III,  Muhammad Alim Marhadi mengungkapkan hal ini.  Katanya,  dirinya telah berkoordinasi dengan salah satu anggota KPU RI terkait tehnis wawancara calon anggota KPU Kabuputan dan Kota di Sultra. Salah satunya adalah,  KPU pusat akan memantau langsung proses seleksi wawancara di Kendari.

“Saya sudah konsultasi,  KPU RI akan turun memantau. Mereka hadir bersama staf sekretariat, dengan membentuk tim tersendiri, ” kata Alim Marhadi,  kepada wartawan lenterasultra.com. Selain itu,  selama proses wawancara berlangsung pihaknya juga menyepakati tehnis pelaksanaannya.

Khusus yang berada di dalam ruang wawancara misalnya, yang masuk dibatasi.  Yang diperbolehkan hanya lima timsel,  peserta,  anggota KPU, sekretariat atau timnya serta pihak panitia.  Pembatasan ini dilakukan agar,  selama tahapan, calon anggota KPU yang diwawancara merasa nyaman, tetap konsentrasi dan tidak terganggu dengan orang orang yang hilir mudik disekitarnya.

Selain itu,  selama proses wawancara,  pihaknya bersama panitia akan merekam seluruh tahapannya.  Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

“Jadi kalau ada masalah dengan tahapan wawancara ini,  rekaman itu akan dibuka kembali.  Ini juga untuk meminimalisir ruang ruang tertentu yang bisa mengarah ke subyektivitas. Jadi kami pastikan,  semua tahapan wawancara ini akan kami lakukan adil bagi semua peserta,  baik waktu maupun tehnis pelaksanaan lainnya,” ungkap salah satu dosen di Universitas Halu Oleo ini. (Isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU