Disdukcapil Bombana Segera Luncurkan Layanan Keliling

731

Andi Nur Alam, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bombana

LENTERASULTRA.com-Andi Nur Alam belum sebulan dilantik jadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bombana. Dipercaya memimpin instansi yang mengurusi identitas kependudukan warga, ia pun sudah merancang sebuah program layanan keliling yang tak lama lagi akan diluncurkan.

Program pelayanan keliling kepada masyarakat, ini tentu akan mempermudah warga Bombana mengurusi hal hal yang berhubungan dengan data kependudukan mereka. “Kita sedang fokus meningkatkan layanan kependudukan terbaik untuk warga Bombana,” kata Andi Nur Alam, Kadis Dukcapil Bombana, Jumat (23/3) lalu.

Menurut Andi program ini sudah dilaporkan ke Bupati Bombana. Konsep layanan ini adalah jemput bola. Jika ada masyarakat yang ingin berususan dengan DisdukCapil, petugasnyalah yang akan datang. Mantan Sekretars Dinas PMD Bombana ini mengaku sedang memantapkan persiapan untuk mengsukseskan program pelayanan keliling ini

“Saya juga akan memanggil semua petugas lapangan Disdukcapil (Kurir kecamatan) untuk mengsingronkan tupoksi mereka agar kedepan tak ada lagi masyarakat di desa-desa yang kesulitan mendapatkan pelayanan dari kami,” harap Andi Nur Alam.

Tak hanya soal itu, walaupun masih terbilang baru memimpin Disdukcapil Bombana, Andi Nur Alam ternyata juga sudah memikirkan pola kerja positif dalam hal sinergitas dengan beberapa Dinas terkait demi untuk mengoptimalkan pelayanan terbaik bagi masyarakat, diantaranya akan membuat Memoramdum of Understanding (MoU) dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dalam hal pendataan administrasi dan pencacatan sipil di Kabupaten Bombana.

“Kami akan memperkuat MoU itu, Jadi nantinya data bayi yang lahir dari Dinas Kesehatan akan langsung kami fasilitasi dalam hal pembuatan akta kelahiran, begitupun data penduduk dalam hal pembuatan Jamkesda nantinya,” tukasnya. Sementara di Dinas Pendidikan, pihaknya akan bekerjasama dalam hal kelengkapan data kependudukan siswa agar bisa memberikan kemudahan bagi penerima beasiswa pendidikan.

Selain itu, Disdukcapil berharap nantinya tidak ada lagi anak yang hendak mendaftar masuk sekolah terkendala kartu keluarga dan akta kelahiran anak yang saat ini menjadi persyaratan utama.

Andi Nur Alam juga berharap kepada para Camat dan Kepala kepala Desa yang ada di Bombana agar membantu pihak DisdukCapil untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya administrasi kependudukan dan pencacatan sipil, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dari Disdukcapil Bombana.(danil)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU