Lapor ke Pj Gubernur, Butur Siap Gelar MTQ Provinsi

568
Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat menemui Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi guna melaporkan rencana pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di daerah pimpinannya itu

LENTERASULTRA.com-Dua pekan lagi, Buton Utara akan kehadiran banyak tetamu dari berbagai daerah di Sultra. Ada acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi di daerah itu, mulai 18 Maret mendatang. Sebagai tuan rumah, daerah yang dipimpin Abu Hasan ini sudah menyiapkan diri dengan baik, dan tinggal memoles beberapa hal agar sempurna.

Soal ini sudah dilaporkan Bupati Buton Utara, Abu Hasan ke Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi, beberapa hari lalu. “Intinya, beliau (Pj Gubernur) memberi beberapa petunjuk agar acara itu bisa sukses. Kami diminta menyiapkan diri maksimal, agar semua kafilah bisa terlayani dengan baik,” kata Abu Hasan, Bupati Buton Utara, Kamis (1/3).

Salah satu yang kini jadi fokus pembenahan adalah soal penginapan kafilah dan tetamu undangan lainnya. Kata Abu Hasan, di daerahnya masih minim sarana hotel dan penginapan. Makanya, pihaknya sedang mendata rumah-rumah warga yang memenuhi syarat dan standar untuk jadi “markas” para kafilah dari 16 kabupaten/kota yang jadi tamu.

Yang kedua adalah tempat penyelenggaraan lomba dan yang ketiga arena utama.
“Semua dipastikan siap karena semua kepala dinas ditunjuk jadi Leasion Officer (LO),” tambahnya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Nantinya, MTQ bakal menggunakan 11 arena, diantaranya adalah mesjid-mesjid yang ada dalam Kota Ereke, Lipu sampai Kelurahan Lemo dan eks sarana olahraga yang digunakan saat Pekan Olahraga Provinsi beberapa tahun lalu, kemudian beberapa aula kantor organisasi perangkat daerah yang memang layak untuk dijadikan arena.

Sementara saat ini yang tengah digenjot adalah proses finishing pembangunan mesjid raya Butur karena selama ini belum punya mesjid raya.

Sebagai bocoran, Islamic Center bakal jadi arena utama di Islamic Center yang juga telah sampai pada tahap finishing. Namun, sarana prasarana tak akan punya arti jika tidak ditunjang dengan persiapan teknis. Nah, persiapan teknis inilah yang dilakukan oleh panitia-panitia teknis dan tugas mereka siang malam adalah mempersiapkan hal tersebut, mulai dari pembukaan bahkan sebelumnya akan ada dua acara yakni penerimaan peserta, malam taaruf dan pawai taaruf.

Sementara puncaknya adalah pembukaan acara oleh Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi. Pelaksanaan acara selama 11 hari akan ditutup dengan pengumuman juara dan penerimaan hadiah. Adapun jadwal kegiatan dimulai pada tanggal 18 Maret sampai 29 Maret.

Ia katakan, persiapan fisik sudah lebih dari 90 persen. Sementara Senin pekan depan bakal dilakukan rapat evaluasi kerja teknis panitia. “Kita siapkan anggaran Rp 17 miliar plus dana dari provinsi sebesar Rp 300 juta untuk suksesnya acara ini yang baru pertama kali digelar di Butur ini,” kata mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini.(feby)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU