Kodim Buton Buka Pelatihan untuk Jadi Tentara

846
Dandim Buton bersama para veteran usai penyelenggaraan kegiatan komunikasi sosial dengan keluarga besar TNI, di Makodim 1413/Buton, Senin (26/2).

LENTERASULTRA.com-Bagi yang memiliki cita-cita jadi anggota TNI, Kodim 1413 Buton kini membuka pelatihan bagi putra daerah yang ingin menjadi seorang tentara, lewat sebuah program bernama keluarga asuh Kodim. Program ini bukan hanya diperuntukkan keluarga besar TNI saja, akan tetapi diperuntukkan bagi masyarakat Kota Baubau maupun Kepulauan Buton. Sehingga, bisa di didik dan dipersiapkan untuk menjadi seorang anggota TNI.

“Keluarga Asuh Kodim itu, untuk merekrut putra daerah menjadi tentara, disitu kita akan mengasuhnya,” ungkap Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Davy Darma Putra, usai penyelenggaraan kegiatan komunikasi sosial dengan keluarga besar TNI, di Makodim 1413/Buton, Senin (26/2).

Pada pelantikan itu, mereka akan dilatih fisik, belajar psikologi, akademik, mengecek kesehatannya dan yang di latih tentu saja sesui persyaratan, dimana tingginya minimal 170cm, kondisi fisik masih normal, dan batas usiaa 22 tahun.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Dari modal awal itu, untuk mempersiapkan mereka bilang ingin ikut tes TNI, kita hanya menyiapkan mereka untuk ikut seleksi, karna yang berhak menerima bukan Kodim,” lanjutnya

Hinggga saat ini, pihaknya sudah mensosialisasikan adanya program keluarga asuh Kodim itu, tinggal menunggu saja para pemuda yang berminat. Instrumen sudah siap dan pelatih juga sudah di siapkan, mulai dari bahan pembelajaran, hingga alat-alat pelatihan. “Pada saat ada yang mendaftar, maka kita himpun dan mempersiapkan untuk kita latih,” tuturnya.

Waktu pendaftaranya tidak terbatas, apa bila calon sudah kelas II hingga III SMA, sudah bisa mengikuti. Untuk siswa yang masih kelas II, persiapannya satu tahun lebih matang, seperti kondisi fisiknya saat dia akan ikut tes tentara.

“Contohnya bulan tiga ada pendaftaran, dia baru ikut pelatihan, satu bulan memang kita akan berupaya melatihnya, tapi saya rasa itu belum maksimal karna minimal waktu yang di saiapkan untuk menjadi seorang prajurit itu minimal enam bulan,” jelasnya.

Bagi yang ingin ikut program pelatihan, jumlahnya tidak terbatas, untuk di daerah lain itu bisa mendaftar di Koramil, sedangkan untuk di wilayah Kota Baubau bisa langsung di Makodim 1413/Buton.(hengki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU