Patah Kemudi di Laut Mawasangka, Kapal Kabaena-Baubau Selamat

550
Para penumpang KM Ilham Jaya sesaat setelah dievakuasi tim SAR Baubau dari insiden laut.

LENTERASULTRA.com-Ketegangan masih terlihat dari wajah-wajah 14 orang penumpang KM Ilyam Jaya, sesaat setelah mereka tiba di Dermaga Baubau, Selasa (6/1) siang ini. Mereka baru saja mengalami situasi membahayakan, setelah kapal yang mereka tumpangi dari Dongkala, Kabaena Timur, mengalami patah kemudi saat berlayar menuju Baubau.

Untung saja, tak terjadi apa-apa terhadap mereka. Padahal, kapal yang mereka tumpangi itu sudah terombang-ambing sejak pukul Selasa (6/2) dini hari, tepatnya sekira 02.00 Wita, di laut Mawasangka, Buton Tengah. Kapal yang berlayar pukul 20.00 Wita dari Kabaena itu mengalami patah kemudi.

Humas Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Kendari, Yudi Anggo melaporkan pihaknya menerima informasi kejadian tersebut dari Kordinator Pos (Korpos) Baubau, sekitar pukul 08.30 Wita. Bahwasannya KM Ilham Jaya terombang ambing di Perairan Buton.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Kami terima laporan kejadiannya itu dari Korpos Baubau, bahwa KM Ilham Jaya dengan Person On Board (POB) 14 orang itu posisi terakhirnya berada di tanjung Tancebungi, kurang lebih 23 mil laut dari Baubau,” ungkap Yudi Anggi melalui rilisnya.

Setelah menerima informasi tersebut, pihaknya langsung memberangkatkan tim penyelamat menuju Tempat Kejadian Musibah (TKM), dengan menggunakan Rigit Inflatable Boats (RIB) beserta alat pendukung lainnya.

“Pada pukul 08.40 wita, Tim Rescue Pos SAR Baubau berangkatkan ke TKM menggunakan RIB, untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap seluruh penumpang KM tersebut,” tambah pria yang akrab disapa Yudi itu.

Untung saja, tak terjadi hal-hal yang membahayakan jiwa. Sekira pukul 11.30 Wita, lenterasultra.com memantau bahwa semua penumpang KM Ilham Jaya sudah dievakuasi ke Baubau, dengan selamat.(isma/hengki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU