SK Nasdem untuk AMAN Keluar, Golkar Menyusul

687
Ketua DPP Partai Nasdem, Surya Paloh bersama Calon Gubernur Sultra, Ali Mazi

LENTERASULTRA.com-Ali Mazi dan Lukman Abunawas (AMAN) hampir dipastikan akan menjadi salah satu pasangan calon gubernur dan calon wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023. SK berformat B1-KWK dari Partai Nasdem akhirnya keluar, dan kini sudah di tangan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sultra.

Keputusan DPP Nasdem untuk mengusung AMAN itu diteken 29 Desember 2017 oleh Ketua Umumnya, Surya Paloh dan Sekjend, Johnny G Plate dan diberi nomor 219-KPTS/DPP-NasDem/XII/2017. “Benar, kami sudah terima SK-nya kemarin (3/1) dari DPP,” aku Ihsanuddin Saafi, Sekretaris DPW Nasdem Sultra, Kamis (4/1) pagi.

Kata dia, SK berformat B1-KWK yang sudah diteken Ketua Umum dan Sekjend DPP NasDem itu sudah pula disampaikannya kepada calon, yakni Ali Mazi dan Lukman Abunawas. Proses penyampaian resminya akan dilakukan Jumat (5/1), dalam bentuk penyerahan dukungan itu.

Menurut Ihsanuddin, proses penyerahan kemungkinan akan dilakukan di Jakarta karena kabar yang didengarnya, Ali Mazi saat ini juga berada di Jakarta. “Kebetulan saya juga masih di Jakarta, setelah saya komunikasi, penyerahannya bisa dilakukan besok (5/1), di DPP. Nanti kami kabari lagi teknisnya,” tukas Ihsanuddin.

Sekretaris Partai Nasdem ini mengatakan, partainya tidak ada keraguan mengeluarkan dukungan kepada AMAN, dan sangat yakin jika pasangan tersebut mampu mencari tambahan partai koalisi guna menggenapkan dukungan Nasdem, yang hanya memiliki 3 kursi di DPRD Sultra atau butuh minimal 6 kursi lagi.

Sementara itu, Partai Golkar juga dipastikan akan melakukan penyerahan SK berformat B1-KWK, Jumat (5/1). Sebelumnya akan digelar pertemuan antara Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto dengan seluruh calon kepala daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi di seluruh Indonesia, pukul 14.00 Wita.

SK dengan format B1-KWK dari Partai Nasdem untuk pasangan AMAN

Sekretaris Golkar Sultra, Muhammad Basri membenarkan adanya pertemuan tersebut yang sekaligus penyampaian SK kepada para kandidat Pilkada yang diusung Golkar. “Kalau soal Cagub Sultra, saya belum tahu juga siapa yang akan dikasih SK oleh DPP,” elak Basri saat ditanya, sembari mengaku jika dirinya sedang dalam perjalanan ke Jakarta.

Sumber lenterasultra.com di DPP Golkar menyebutkan, tidak ada perubahan dukungan partainya di Pilgub Sultra yakni tetap mengusung Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN). Bahkan SK-nya sudah diteken dan tinggal diserahkan. “Tinggal bagaimana DPP memediasi dinamika di Sultra, antara calon dengan kader-kader yang memang agak keras friksinya,” kata pengurus DPP Golkar itu.

Tiga hari lalu, saat berada di Kendari, Ali Mazi menyatakan bahwa tidak ada lagi masalah dengan Nasdem dan Golkar. Dua partai itu tidak mengubah dukunganya. “Bahkan bisa jadi lebih nanti yang usung AMAN. Yang sudah pasti PBB dan PKPI, tapi mereka kan pendukung karena kebetulan tidak ada kursi di DPRD Sultra,” kata mantan Gubernur Sultra itu.(abdi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU