Nama Calon Pj Walikota Baubau Belum Diputuskan

1,154
AS Tamrin (tengah) dan Wa Ode Maasra Manarfa (kanan), akan mengakhiri pengabdian mereka sebagai Walikota dan Wakl Walikota Baubau periode 2013-2018. Untuk mengisi kekosongan pemerintahan, akan ditunjuk Pj Walikota oleh Kemendagri. Sayangnya, nama-namanya belum juga diajukan Pemprov Sultra

LENTERASULTRA.com-25 Hari lagi, masa jabatan AS Tamrin dan Wa Ode Maasra Manarfa, sebagai Walikota dan Wakil Walikota Baubau bakal berakhir. Idealnya, Pemprov Sultra sudah harus mengajukan, setidaknya tiga nama calon Pj Walikota ke Kemendagri agar diputuskan sebelum 30 Januari nanti.

Hanya saja, sampai saat ini, Pemprov masih belum tuntas menggodok beberapa kandidat yang layak diajukan ke Kemendagri. Dari beberapa nama yang diwacanakan, masih dicari tiga nama yang benar-benar pantas. “Jangan dulu buru-buru,” kata Plt Gubernur Sultra, Saleh Lasata saat dikonfirmasi perkembangan usulan Pj Walikota Baubau.

Wakil Gubernur Sultra itu berjanji, dalam waktu yang tak terlalu lama, ia pasti akan menyampaikan siapa saja tiga nama yang ia ajukan ke Kemendagri untuk dipilih jadi Pj Walikota Baubau, yang akan bertugas setidaknya sejak 31 Januari 2018 hingga pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Baubau 2018-2023 mendatang.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Beberapa pejabat Pemprov Sultra memang santer disebut bakal mengisi kursi Pj Walikota Baubau. Salah satunya adalah nama Hado Hasina yang saat ini menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sultra. Tapi mantan Bupati Muna itu menepisnya. “Tidak benar itu, jangan sampai bukan Pak Hado, bagaimana nanti. Kan agak ribet juga itu. Jadi tunggu saja iyah. Pokoknya dalam waktu dekat inilah kita sudah bisa usulkan,” jawabnya.

Saleh Lasata menegaskan Pemprov belum serahkan usulan Pj Wali Kota Baubau ke Kemendagri. Apabila tiga nama tersebut diusul dalam pekan ini, maka paling lambat pertengahan atau akhir Januari, SK pelantikannya akan keluar.

“Saya juga pengen secepatnya. Tetapi kita juga harus mempertimbangkan dulu, kita lihat siapa kira-kira tiga nama tersebut yang benar-benar cocok,” tambahnya.

Untuk diketahui, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra Laode Ali Akbar sempat menyebut beberapa nama yang masuh list calon Pj Walikota Baubau. Ada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra Hado Hasina, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tasman Taewa, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Hery Alamsyah.

Ada pula Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Muhammad Arfah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Zuhuddin Kasim, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah dan PTSP Masmudin.(isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU