Gerindra Dipastikan Ikut Agenda Koalisi Asrun-Hugua

392
Suasana pertemuan pimpinan tujuh Parpol pengusung Asrun-Hugua, beberapa malam lalu di kediaman Asrun. Diantara tujuh partai ini ada Gerindra yang sebenarnya secara resmi belum mengumumkan siapa pasangan yang didukunya

LENTERASULTRA.com-“Perahu” Partai Gerindra Sultra memang belum diputuskan secara resmi akan dikemudikan pasangan calon gubernur Sultra yang mana, tapi “penumpangnya” sudah dipastikan ikut gerbong besar pasangan Asrun-Hugua.

Jumat (15/12) sore ini, anggota DPRD Gerindra dari seluruh Sultra akan hadir di Kendari. Mereka bakal ikut meneken pakta integritas yang akan dilakukan semua anggota DPRD yang berasal dari partai pengusung pasangan cagub dan Cawagub Sultra, Asrun-Hugua.

“Kami sudah undang mereka, baik secara lisan maupun tertulis. Insya Allah mereka siap hadir karena ini penggarisan partai,” kata Safarullah, Sekretaris Gerindra Sultra. Undangan yang dimaksud Safarullah berasal dari tim koalisi pengusung Asrun-Hugua, dimana salah satunya adalah Partai Gerindra.

Apakah anggota DPRD dari Gerindra dipastikan ikut meneken pakta integritas mendukung Asrun-Hugua? Safarullah punya jawaban diplomatis yang menarik. “Kalau ada agenda itu di acara nanti, kami pasti ikut,” kata pria yang berprofesi sebagai pengacara ini.

Ia hanya memastikan bahwa “terikutnya” Gerindra di koalisi Asrun-Hugua, yang mesti saat ini belum ada keputusan resmi, tentu saja bukan tanpa dasar kuat. Dirinya dan Ketua DPD Gerindra, Imran tidak akan berani mengikuti beragam kegiatan koalisi jika tanpa dasar.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Dasarnya apa, silahkan maknai sendiri. Saya tidak bisa berkomentar banyak soal dukung-dukungan, karena memang belum diumumkan secara resmi oleh DPP. Tapi yang jelas, kami (ikut koalisi) tentu ada argumennya. Kita nanti lihat paling lambat akhir bulan ini sudah ada keputusannya,” kata Safarullah.

Untuk diketahui, sampai hari ini DPP Gerindra memang belum mengeluarkan keputusan resmi kemana arah dukungan 4 kursi partai itu di DPRD Sultra. Partai ini masih bisa sangat menentukan, berapa pasangan calon yang akan berlaga di Pilgub.

Bila Gerindra benar-benar ada di kubu Asrun-Hugua, Pilgub hampir pasti akan hanya menyisakan dua pasangan calon. Sebaliknya, jika Gerindra akhirnya memilih mengusung Rusda Mahmud-Sjafei Kahar, maka skenario tiga pasangan akan terwujud.

Sore ini, Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan hadir di Kendari untuk menghadiri Rakerwil DPW PAN Sultra. Sebelum masuk acara itu, Ketua MPR RI itu akan menyaksikan penandatangann pakta integritas ratusan anggota DPRD se Sultra, dari tujuh parpol pengusung Asrun-Hugua, dengan tema utama siap memenangkan kandidat jagoan mereka.

Adapun tujuh parpol pengusung yang kader-kadernya di parlemen akan diundang untuk hadir meneken pakta interitas itu adalah PAN, PDIP, PKS, Hanura, PPP. Gerindra dan PKB juga masuk, meski dua partai ini ada pihak lain yang menyebut belum final.

“Dua partai yang disebut terakhir ini secara de facto sudah bergabung, kalau masih ada juga yang bilang belum final, silahkan. Yang jelas, anggota dewan Gerindra dan PKB diundang dan bakal hadir meneken pakta integritas,” kata Abdurrahman Shaleh, Ketua Tim Pemenangan Asrun-Hugua, kepada lenterasutra.com.(abdi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU