Poleang Meriah, Tafdil Sumringah

601
Bupati Bombana, H Tafdil (bertopi), menerima kue ulang tahun dari Waipode alias gadis dari Kabaena Selatan, di sela-sela upacara peringatan HUT ke 14 Bombana kemarin

LENTERASULTRA.com-Sampai delapan hari mendatang, kota kecil Boepinang, di Poleang, Bombana bakal amat hiruk. Jumlah penghuninya pun bertambah. Ratusan tetamu dari 21 kecamatan di Bombana sedang punya hajatan di kota itu. Memeriahkan HUT ke 14 Bombana.

Minggu (10/12) siang, Boepinang riuh. Hari ini adalah pembukaan rangkaian acara HUT Bombana, hingga nanti dipungkasi 18 Desember nanti, atau tepat di hari H, ulang tahun daerah ini. Seremoninya digelar dalam bentuk upacara di lapangan Sullewatang, Boepinang.

Perayaan ini seperti sebuah momen menyatukan kembali Bombana yang “terpecah” karena Pilkada. Devile kontingen dari 22 kecamatan termasuk tuan rumah plus dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jadi media penyatuannya. Tampil dengan pakaian adat masing-masing lalu menyusuri jalan sepanjang 2 kilometeran.

Sepanjang jalan, mereka bagai pahlawan yang pulang dari medan tempur membawa kemenangan. Mereka dieluk-elukan masyarakat. Aneka pakaian yang ditampilkan, termasuk atraksi tetarian benar-benar memikat. Meriah.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Dentum marching band dari MTS Poleang menambah hidup suasana. Puluhan penari kolosal yang tampil yang menggambarkan ragam budaya Bombana dan mencerminkan serta mewakilkan tiga pilar pemersatu masyarakat Bombana yakni Poleang, Rumbia dan Kabaena.

Bupati Bombana, H Tafdil benar-benar dibuat bahagia melihat kemeriahan tersebut. Ia amat mengapresiasi semua yang ditampilkan pada devile dan upacara tersebut. “Tarian kolosal tadi, itu luar bisa. Itu tarian pemersatu tiga pilar Bombana. Saya harap bisa dipertahankan,” katanya.

Tafdil juga mengajak masyarakat pada umumnya untuk memanfaatkan moment HUT Bombana ini. Dia berharap agar semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar serta sesuai yang diharapkan.

Tari kolosal yang memperlihatkan kekayaan tiga pilar Bombana saat acara pembukaan HUT ke 14 Bombana kemarin

“Selamat datang kepada semua kontingen, dan juga kepada tuan rumah agar bisa melayani tamu dengan baik. Saya minta tuan rumah baik menerima tamu. Kita tunjukkan kalau Poleang itu aman, Poleang itu damai dan jangan ada keributan yang tidak kita inginkan,” pungkas Tafdil.

Tahun ini Poleang kembali menjadi tuan rumah HUT Bombana. Daerah ini bisa jadi memang sangat istimewa oleh H Tafdil, Bupati Bombana saat ini. Dari Poleanglah, belasan ribu suara diraih sang petahana saat Pilkada hingga bisa kembali menduduki kursinya sebagai kepala daerah untuk periode kedua. Poleng menyumbang lebih dari setengah angka kemenangan Ketua PAN Bombana itu.(danil)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU