Cair, Dana BOS Kendari Triwulan III

368
Sartini Sarita, Kadis Dikmudora Kota Kendari

LENTERASULTRA.com-Penantian sekolah-sekolah di Kota Kendari akan cairnya dana bantuan operasional sekolah (BOS) akhirnya terjawab. BOS triwulan III sudah cair sejak Kamis 16 November 2017 lalu. Sekira Rp 9 miliar bantuan operasional tersebut telah ditransfer di rekening masing-masing sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sartini Sarita menjelaskan seluruh sekolah di Kota Kendari, baik negeri maupun swasta sudah cair dana BOS-nya untuk triwulan III 2017 ini.

“Bantuan Rp 9 M lebih diterima 168 sekolah. Lebih rincinya, SD 6 miliar untuk 130 SD dan SMP 3 miliar untuk 38 SMP,” ungkap Sartini. Tentunya, setelah cairnya dana tersebut sangat membantu operasional setiap satuan pendidikan yang ada di kota lulo ini.

Related Posts

Termasuk didalamnya, diperuntukan untuk upah guru honorer sebesar 15 persen sesuai dengan dana BOS yang diterima masing-masing sekolah. “Setiap sekolah kan menerima besaran yang berbeda, tergantung jumlah siswanya. Penggunaannya harus mengikuti RKA/RKS yang dibuat sekolah yang bersangkutan,” kata perempaun berhijab itu.

Disebutkan Sartini, ada tiga belanja dana BOS, diantaranya belanja pegawai dan belanja aset. “Inikan sudah dekat Ujian Nasional (UN) bagi sekolah yang sudah ditunjuk menggunakan komputer, bisa menambah jumlah komputernya atau jaringan internetnya,” ucapnya.

Mantan Sekretaris Dikmudora Kendari itu, menambahkan, meskipun sudah masuk dan dikelola masing-masing sekolah, pihaknya tetap melakukan pengawasan dalam penggunaan bantuan tersebut. Dia berharap agar digunakan sesuai dengan aturan dan SOP dana BOS.

“Alhamdulillah semua sekolah sudah membuat dan menyetor pelaporan dana BOS triwulan 1 dan 11. Saya menghimbau agar pelaporan triwulan 111 dibuat dan disetor secepatnya. Sebab ini berkaitan dengan kelancaran pencairan untuk triwulan selanjutnya,” pungkas Sartini. (isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU