Pimpin KNPI Sultra, Umar Bonte Janji Tingkatkan SDM Pemuda

313
FOTO : WA ODE ISMAWATI/LENTERASULTRA.com Foto bersama Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh (baju putih) bersama pengurus KNPI Sultra yang baru, Selasa (10/10) malam
FOTO : WA ODE ISMAWATI/LENTERASULTRA.com
Foto bersama Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh (baju putih) bersama pengurus KNPI Sultra yang baru, Selasa (10/10) malam

LENTERASULTRA.com- Pengurus baru Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara (Sultra), periode 2017-2020 dibawah kendali Umar Bonte resmi dilantik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) KNPI Fadhly Alimin.

Seremoni pelantikan dihelat pada Selasa malam 10 Oktober 2017 di Ballroom Phinisi Grand Clarion Hotel Kendari.

Dalam prosesi pengukuhan tersebut turut hadir Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Saleh, Danrem 143/Halu Oleo Kendari, Kolonel Inf Andi Perdana Kahar SH, Pengurus DPP KNPI, Ketua DPD PDIP Sultra, Ir. Hugua dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Sofyan serta pegurus KNPI se-Sultra.

Ketua DPD KNPI Sultra, Umar Bonte mengungkapkan, pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, dirinya berupaya menggali dan membangkitkan semangat kaum muda di bumi anoa ini.

“Saya berjanji akan membesarkan organisasi kepemudaan ini dan menyebarkan ke seluruh jazirah Sultra. Kami akan merangkul organisasi-organisasi dalam KNPI ini,” ungkap Umar Bonte, Selasa 10/10/2017.

Untuk menjalankan tongkat kepemimpinan,  kata Umar ada beberapa langkah-langkah yang akan ditempuh agar KNPI lebih eksis dan mudah diterima. Salah satunya pendekatan secara struktural dan kultural.

Selain itu, KNPI juga akan memberikan sumbangsi pemikiran kepada pemerintah. Pihaknya bakal melakukan kontrol-kontrol terhadap pemerintah, dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan di daerah ini. Tak berhenti disitu saja, KNPI juga terus mendorong peningkatan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Sultra.

“Generasi muda adalah tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Nah pemuda tidak boleh lemah pokoknya harus punya semangat yang besar. Insya Allah KNPI Sultra ini, akan kita bawa untuk melakukan perubahan dan membantu perbaikan tatanan pemerintahan,” terang anggota DPRD Kota Kendari itu.

Dalam kepengurusan KNPI ini, dirinya memperlihatkan keseriusan untuk membesarkan KNPI Sultra. Untuk itu, setiap pengurus diposisikan sesuai dengan potensi dan kemampuannya. Salah satunya, masuknya nama Vokalis Zivilia yakni Zulkifli dalam kepengurusan tersebut di bidang kesenian.

“Kita di Sultra ini punya potensi SDM yang luar biasa. Diantaranya dari bidang kesenian, banyak anak-anak muda yang berbakat di bidang itu. Makanya kami siapkan wadah dalan KNPI ini,” bebernya.

Umar Bonte menambahkan, belajar dari kepengurusan sebelumnya, dirinya akan memperbaiki hal-hal yang masih kurang dan perlu dibenahi. Misalnya, penghapusan OKP musiman yang tak pernah melaksanakan Musayawarah Daerah (Musda).

“Jangan ada peternak-peternak OKP lagi. Jika dilaksanakan tidak sesuai dengan mekanisme, tentu akan kita coret dari kepengurusan KNPI,” tegasnya.

Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Saleh meminta kepada seluruh KNPI agar serius dalam beroganisasi. Usai dilantik harus punya program dan aksi yang nyata. Sebuah tindakan yang memberikan asas manfaat untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi kata dia, KNPI merupakan organisasi kepemudaan, jadi harus memiliki semangat yang besar. Punya potensi, cerdas dan mampu berkarya.

“Buktikan potensi dan harus punya daya saing. Itu penting dimiliki bagi setiap pemuda. Jangan loyo karena pemuda adalah generasi penerus dan agen perubahan,” pungkasnya. (Isma)

editor : Sarfiayanti

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU