Roda Pustaka Kabanti Kini Bergerak

1,018
FOTO :ISTIMEWA Roda Pustaka Kabanti hadir memberikan motivasi membaca bagi masyarakat Sultra. Tampak pengunjung antusias memadati Roda Pustaka Kabanti.
FOTO :ISTIMEWA
Roda Pustaka Kabanti hadir memberikan motivasi membaca bagi masyarakat Sultra. Tampak pengunjung antusias memadati Roda Pustaka Kabanti.

LENTERASULTRA.com-Upaya untuk meningkatkan minat baca para generasi muda terus dilakukan. Keinginan itu tak hanya lahir dari pemerintah melalui alokasi anggaran untuk pengadaan buku. Penggiat literasi di Sulawesi Tenggara (Sultra) juga punya mimpi yang sama untuk mencerdaskan anak bangsa melalui budaya membaca.

Sabtu, 16 September 2017, pemilik rumah baca Pustaka Kabanti, Syaifuddin Gani resmi menggerakkan Roda Pustaka Kabanti di wilayah Kendari.

Dengan membawa buku dan setumpuk bahan baca, Roda Kabanti mengitari Kota Kendari. Kegiatan itu disambut positif Kepala Perpustakaan Daerah Sultra La Ode Ongke.

“Kehadiran Roda Pustaka Kabanti yang mobile sangat positif untuk meningkatkan minat baca masyarakat Sultra. Selama ini belum ada langkah kreatif seperti ini, mudah-mudahan dapat.menjadi motivasi dan juga meningkatkan budaya baca di kalangan masyarakat,” kata La Ode Ongke.

Tak hanya Kepala Perpustakaan, Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Yaudu Salam Ajo juga salut akan langkah penggiat literasi melakukan terobosan dengan menggerakkan Roda Pustaka Kabanti. Apalagi di hari pertama, antusias masyarakat sangat positif. Ada yang langsung membaca buku, majalah adapula yang hanya sekedar mengamati barang unik tersebut.

“Kita perlu memberi dukungan bagi upaya mengantar buku dan ilmu serta mendorong minat baca-tulis di kalangan anak-anak muda Sultra seperti yang dilakukan.pengelola Pustaka Kabanti ini,” kata Yaudu.

Hari pertama launching Roda Pustaka Kabanti dilaksanakan dalam kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan yang dihelat Perpustakaan Daerah Sultra. Selain dihadiri guru, pustakawan, dan pegiat perpustakaan desa, juga dihadiri sastrawan Kendari, Deasy Tirayoh dan Iwan Konawe. Keduanya menyajikan materi seputar penulisan cerpen dan puisi di panggung bagian dalam Roda Pustaka Kabanti.

Hari Kunjung Perpustakaan selain mengenalkan Roda Pustaka Kabanti Kendari sebagai alat penggerak buku, juga meresmikan BI Corner di tengah ruang baca perpustakaan. (**)

Editor : Yanti Aprilianti

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU