Demokrat Hanya Usul Tiga Nama Cagub Sultra ke DPP

572
PD FOR LENTERA SULTRA Delapan kandidat Calon Gubernur yang mendaftar di Partai Demokrat saat mengikuti pendalaman visi misi di Clariona Hotel, akhir bulan lalu
PD FOR LENTERA SULTRA
Delapan kandidat Calon Gubernur yang mendaftar di Partai Demokrat saat mengikuti pendalaman visi misi di Clariona Hotel, akhir bulan lalu

-Oktober, Rekomendasi Sudah Keluar-

LENTERASULTRA.com-Delapan kandidat calon gubernur Sultra yang melamar lewat Partai Demokrat harus makin intens menyosialisasikan diri ke publik agar nilai elektoralnya meroket. Bila angka keterpilihanya tinggi di masyarakat, potensinya merebut tiket Partai Demokrat sangat besar.

“Sedang disurvey saat ini. Kami nanti akan mentracking lima nama, yang paling layak dari delapan calon gubernur yang mendaftar,” kata Muh Endang SA, Ketua Partai Demokrat Sultra, Senin (18/9) sore kepada jurnalis lenterasultra.com

Nanti, dari lima nama yang potensial dari sisi elektoral itu akan dievaluasi secara internal untuk dikerucutkan tiga nama. Salah satu variabel yang paling penting dari seorang kandidat adalah “logistik” pemenangannya.

“Itu salah satu yang penting. Kandidat yang kita usung tidak bisa hanya mengandalkan elektabilitas apalagi kalau selisihnya hanya terpaut sedikit dari yang lain. Harus kami pastikan kemampuan logistik kampanyenya. Dan jika tak siap nanti jadi percuma,” urai Endang.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah seorang calon sudah mengantongi rekomendasi dari partai lain untuk menyempurnakan syarat 9 kursi, sebagai tiket untuk didaftarkan ke KPU. Atau setidaknya sudah ada pernyataan dari partai lain, untuk mengusung kandidat bersangkutan.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Dengan semua variabel potensi pemenangan, Demokrat Sultra akan mengajukan tiga nama kandidat ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk diputuskan. Tugas PD Sultra hanya menyediakan data tentang seorang kandidat, tapi putusan finalnya tentu di tangan DPP.

“Kan, mekanismenya begitu. Rekomendasi pencalonan kepala daerah, baik itu gubernur maupun calon bupati/walikota dikeluarkan DPP. Yang jelas, kalau kami usul tiga, tidak akan lagi mencari diluar itu,” tandas Endang.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sultra itu memastikan, Oktober nanti sudah akan ada rekomendasi yang diberikan kepada salah satu dari delapan kandidat yang sudah mendaftar dan mengikuti semua rangkaian kegiatan di Demokrat.

“Sekarang kita lagi tracking dulu. Siapa saja yang elektoralnya tinggi sebelum diajukan ke DPP. Yang pasti, Oktober sudah akan ada rekomendasi. Dan yang diputuskan pastilah yang terbaik,” tegas Endang.

Saat ini, Partai Demokrat punya enam kursi di DPRD Sultra. Artinya butuh tiga kursi atau lebih untuk bisa mengajukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Nah, jika salah satu dari delapan kandidat dari Demokrat itu sudah punya rekomendasi tambahan dari partai lain, maka peluangnya diusung juga besar.

Adapun kandidat yang sudah daftar ke Demokrat itu adalah Tina Nur Alam, Mantan Anggota DPD RI Laode Ida, Mantan Gubernur Sultra Ali Mazi, Walikota Kendari Ir Asrun, Bupati Muna LM Rusman Emba, mantan Bupati Kolaka Utara dua periode Rusda Mahmud, Sekprov Sultra, Lukman Abunawas dan Marsekal Muda (Marsma) TNI, Supomo.

Dua kali Partai Demokrat menggelar paparan visi misi di internal kandidat. Pertama di Kota Baubau dan kedua di Kendari. Dari dua kali acara padat penonton itu, hanya Tina Nur Alam yang tak pernah sempat hadir.(isma)

Editor : M Rioddha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU