Muat Puluhan Penumpang, Kapal Rute Kabaena-Kasipute Hangus Terbakar

1.008

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Kapal penumpang KM. Sumber Poleang mengalami kebakaran di perairan Malandahi, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Senin (16/8/2021) sekitar pukul 12.00 WITA.

MV Sumber Poleang terbakar saat tengah berlayar menuju Kasipute, ibukota Kabupaten Bombana. Belum diketahui apa penyebab kapal Viber bekas MV Super Jet, kapal yang pernah beroperasi di rute Kendari-Raha-Baubau itu terbakar.

Yang jelas, saat kebakaran terjadi, kapal yang sehari-hari beroperasi dari Kabaena ke Kasipute itu, memuat 22 penumpang serta 6 orang anak buah kapal (ABK). ‘Penyebab kebakaran belum diketahui, namun sumber api berasal dari kamar mesin,” kata Fadli kepala pelabuhan Kasipute.

-IKLAN-

Nelayan dari Desa Mapilla dan Pulau Baliara saat mengevakuasi penumpang KM Sumber Poleang yang terbakar saat berlayar menuju Kasipute. Foto : Istimewa

Meski kebakaran terjadi saat kapal tengah berlayar, namun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Sebab, begitu asap mulai mengepul di ruang penumpang, ABK KM Sumber Poleang, mendatangi seluruh penumpang dan memberikan baju pelampung.

Seluruh penumpang kemudian diminta lompat ke laut. Setelah seluruh penumpang kosong, pihak ABK dan Nakhoda bernama Firman kemudian bergegas meninggalkan kapal. Seluruh penumpang dan ABK kemudian dievakuasi nelayan dari Desa Mapila dan pulau Baliara Kepulauan. “Jarak lokasi kecelakaan kapal dengan bibir pantai sekitar 1 mil. Seluruh penumpang selamat setelah dievakuasi nelayan,” ungkap Fadli.

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.