Para “Bintang” Pengawal AMAN Menangi Pilgub

523
Deretan para bintang yang siap membantu AMAN memenangkan Pilgub Sultra. Ada Ruksamin (paling kiri), Bupat Konut, lalu Ada Toni Herbiansyah (ketiga dari kiri), Bupati Kolaka Timur, dan Ridwan Bae, mantan Bupati MUna yang kini jadi anggota DPR RI

LENTERASULTRA.com-Pertarungan di Pilgub Sultra tak hanya melibatkan para kandidat dan simpatisannya. Rivalitas juga terjadi diantara para tokoh-tokoh yang berdiri di belakang sang calon, yang memberi pengaruh cukup signifikan terhadap sukses atau tidaknya kontenstan dalam berkontestasi.

Kalau kemudian Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) punya ekpektasi besar menang Pilgub tahun ini, tentu tidak salah. Selain keduanya memang memiliki basis dukungan yang secara geopolitik cukup merata, kehadiran para tokoh yang juga memiliki basis pengikut dan kekuatan ril, adalah salah satu garansinya.

Itulah yang terlihat saat AMAN mendaftarkan diri di KPU. Selain ditemani ribuan pendukungnya, ada nama-nama beken Sultra yang berada di belakang mereka. Para “bintang” politik Sultra. Ada Ridwan Bae, Ketua Golkar Sultra yang kini jadi anggota DPR RI.

Sosok ini masih cukup memiliki pengaruh elektoral di Muna. Dua periode jadi bupati di tanah Sowite, hingga terpilih mayoritas kala Pemilu 2014, adalah garansi bahwa bila ia serius bekerja maka tidak mustahil setengah dari suara rakyat Muna akan berpihak ke AMAN.

Ada pula Tony Herbiansyah. Ia memang hadir di KPU dalam kapasitasnya sebagai Ketua Nasdem Sultra, untuk mendaftarkan pasangan usungan partainya. Tapi ingat, ia adalah Bupati Kolaka Timur yang tentu akan mempertaruhkan reputasinya sebagai kepala daerah demi memenangkan Nasdem.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Jangan pula remehkan sosok Ruksamin. Ia hadir mendampingi Ali Mazi ke KPU sebagai Ketua PBB Sultra yang juga mendukung AMAN. Politisi ini adalah Bupati di Konawe Utara, yang tidak akan sulit baginya merebut minimal 40 persen dukungan rakyatnya untuk Ali Mazi.

Sebagai informasi tambahan, di kubu AMAN ada sosok Abd Rasak, mantan Calon Walikota Kendari yang ditunjuk sebagai Ketua Satker AMAN untuk wilayah Kendari. Meski tak beruntung terpilih, tapi pengaruh elektoralnya masih cukup kuat. Kekuatanya dikolaborasi dengan pengaruh Masyhur Masie Abunawas, mantan Walikota Kendari dua periode.

Di tanah Buton, selain Ali Mazi sendiri yang memang memiliki pengikut fanatik, ada sokongan juga dari Wakil Bupati Buton Tengah, La Ntau. Pejabat yang dilantik tahun 2017 ini juga ada di belakang Ali Mazi.

Tokoh-tokoh itu, Rabu (10/1) tadi siang bersama-sama mengantarkan AMAN ke KPU. Semuanya berkomtimen menjadi bagian dari kemenangan pasangan mantan gubernur Sultra dan Sekprov Sultra itu. Ali Mazi amat mengapresiasi dukungan para bintang itu.

“Kami akan bahu membahu dan bekerjasama dalam rangka memenangkan pertarungan Pilgub nanti. Insya Allah AMAN bisa meraih kemenangan itu atas restu dari seluruh masyarakat Sultra,” kata Ali MAzi.
Katanya, AMAN adalah pasangan ideal untuk maju di Pilgub karena sudah punya pengalaman memimpin Sultra. Makanya, ia menyarankan agar rakyat jangan pernah memilih yang mau coba-coba maju Pilgub, tapi pilih yang sudah pernah jadi Gubernur.

“Saya sudah pernah jadi gubernur. Pak Lukman ini, dua kali jadi Bupati di Konawe, tiga tahun terakhir di jadi Sekprov Sultra. Menemani Gubernur dan wakil gubernur menentukan kebijakan dan pembangunan Sultra. Jadi dia tahu apa dan bagaimana kerjanya gubernur,” promo Ali Mazi.(isma)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU