Piawai Salur dan Kelola DAK, Bombana Sabet Penghargaan

46
Penjabat Bupati Bombana Edy Suharmanto (kiri) menerima penghargaan dari Kepala Kanwil DJPb Sultra, Syarwan, di aula kantor KPPN Kendari 6 Agustus 2024

 

RUMBIA, LENTERASULTRA.COM-Ada anekdot menarik di kalangan anak-anak generasi Z yang pantas disematkan pada sosok Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto. Diam bikin program, bergerak dapat penghargaan. Begitulah gambaran kinerja pengganti Burhanuddin tersebut. Dibawah kendalinya, Bombana menuai banyak prestasi nasional ditandai dengan banyaknya penghargaan yang diterima daerah tersebut.

Tengok saja dalam sebulan terakhir ini. Pascamenerima penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT), Penjabat (Pj) Bupati Bombana ini lagi-lagi mengantar daerah pemekaran Buton ini menjadi yang terbaik dalam pengelolaan keuangan publik. Bombana dinilai terbaik dalam urusan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.

Tidak main-main, khusus untuk kategori ini, Bombana malah peringkat pertama.  Bombana dinilai punya komitmen dan kinerja luar biasa dalam menyalurkan DAK fisik. Tidak hanya tepat waktu, namun juga tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pemkab Bombana juga berhasil meraih peringkat ketiga dalam penyaluran Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2024.

Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto beruluk salam dengan Kepala Kanwil DJPb Sultra, Syarwan, di aula kantor KPPN Kendari. Foto :Diskominfos Bombana

 

Prestasi ini menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam mengelola dana desa, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Penghargaan prestisius itu diserahkan Kepala Kanwil DJPb Sultra, Syarwan, dan diterima langsung oleh Pj. Bupati Bombana Edy Suharmanto di aula kantor KPPN Kendari.

Pencapaian ini tidak hanya menunjukkan efektivitas pemerintah daerah dalam mengelola anggaran, tetapi juga keberhasilan mereka dalam mengimplementasikan program-program pembangunan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. Penyaluran dana DAK Fisik yang tepat waktu dan efisien memungkinkan berbagai proyek infrastruktur, seperti pembangunan jalan, jembatan, serta fasilitas kesehatan dan pendidikan, dapat diselesaikan dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Bombana.

Related Posts
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto (dua dari kiri) berfoto bersama Kepala Kanwil DJPb Sultra, Syarwan (tiga dari kiri) usai menerima pengharagaan di aula kantor KPPN Kendari

 

Torehan prestasi yang digapai Bombana selama dipimpin Pj Bupati Edy juga meraih peringkat 3 dalam penyaluran Dana Desa Tahap I untuk Tahun Anggaran 2024. Prestasi ini menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam mengelola dana desa, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Khusus penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari, Agung Mulyono dan diterima langsung oleh Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si., di Aula Kantor KPPN Kendari, Selasa (6/8/2024).

“Saya merasa syukur dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah daerah serta masyarakat yang telah berperan aktif dalam pencapaian ini,” kata Pj Bupati Edy usai menerima penghargaan tersebut. Ia menegaskan bahwa penghargaan itu bukan hanya milik pemerintah daerah, tetapi juga milik seluruh masyarakat Bombana yang telah bekerja keras dan mendukung program-program pembangunan.

Piagam Penghargaan Kabupaten Bombana sebagai peringkat 1 kategori penyaluran DAK Fisik tahap 1 tahun 2024. Foto : Diskominfos

 

Dengan pencapaian ini, Pemerintah Kabupaten Bombana berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan keuangan daerah, serta memastikan bahwa setiap dana yang diterima dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat. “Penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bombana untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempercepat pembangunan daerah,” tukasnya.

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana Dan Kebakaran (MPBK) Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri ini menambahkan bahwa, penghargaan tersebut juga mencerminkan upaya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong pembangunan yang merata dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Kabupaten Bombana.(adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU