Kesadaran Ibu Soal Gizi Jadi Kunci Cegah Stunting

47
Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto menggendong salah satu bayi yang ikut Posyandu di Kelurahan Kasipute, Kecamatan Rumbia, Kamis, 13 Juni 2024. Pj Bupati didampingi Kepala Dinas P2KB Bombana, Abdul Azis (tengah) dan Kadis Kesehatan, Darwin (kiri belakang). Foto : FB DPPKB Kabupaten Bombana

 

RUMBIA, LENTERASULTRA.COM-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana mengupayakan banyak hal demi bisa mengambil peran penting dalam upaya mencegah stunting terhadap anak usia dini di wilayah itu. Salah satunya dengan memaksimalkan peran Posyandu, sebagai garda utama mengedukasi pentingnya tumbuh kembang anak diperhatikan, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga asupan gizi.

Saat ada kegiatan Posyandu di Kelurahan Kasipute, Kecamatan Rumbia, Kamis (13/6/2024), Kadis PPKB, Abdul Azis, dalam kapasitas sebagai Sekretaris Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bombana hadir mendampingi Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto yang datang melakukan peninjauan. Selain Dinas PPKB, juga ada Kadis Kesehatan, Kadis Perindagkop, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Rumbia, dan Lurah Kasipute.

Fokus pantauan adalah Posyandu Mawar di Kelurahan Kasipute, dengan tema kegiatan saat itu adalah “Ayo Sukseskan Intervensi Serentak Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Bombana Tahun 2024: Ayo Ajak Catin, Bumil, Bufas, Baduta dan Balita ke Posyandu”.

Pemantauan itu sendiri dilakukan dengan tujuan memastikan efektivitas pelaksanaan program Posyandu dalam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Bombana. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa anggota TPPS Kabupaten Bombana yang turut serta mendukung dan memonitor jalannya program di lapangan.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto (kanan) memantau pelayanan Posyandu di Kelurahan Kasipute, Kecamatan Rumbia

 

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Pj. Bupati Bombana, Edy Suharmanto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya peran Posyandu dalam menyediakan layanan kesehatan bagi ibu hamil, ibu pasca persalinan, serta anak-anak di bawah usia dua tahun dan balita. “Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam upaya kita bersama untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Bombana. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dan memanfaatkan layanan Posyandu Mawar ini,” ujarnya.

Kata Pj Bupati, pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting dilakukan sebagai upaya kejar target mempercepat penurunan stunting di bawah 14 persen pada tahun ini. Menurutnya, dengan upaya ini bisa mencegah stunting baru dengan lebih maksimal dan mendapatkan data yang lebih baik. “Kunci stunting itu ada di tangan para ibu. Kesadaran ibu dalam memikirkan asupan gizi anaknya, jadi sangat penting,” tukasnya.

Peran seorang ibu, kata suami Aeni Mutmainnah ini, adalah kunci dalam penanganan stunting khususnya terkait kesadaran ibu dalam menjaga pemenuhan gizi serta pertumbuhan dan perkembangan anaknya. “Semua kegiatan ini (Posyandu) hanya membantu, tetapi kuncinya di masing-masing ibu. Biar kita bantu bagaimana kalau ibu tidak peduli pada anaknya tidak bisa berhasil,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Bombana, H. Abdul Azis menyatakan pentingnya komunikasi antara berbagai pihak, termasuk keluarga dan masyarakat, dalam mendukung program Posyandu. “Pengukuran dan intervensi serentak ini juga untuk meningkatkan kunjungan ibu hamil dan balita ke posyandu dan mendeteksi masalah gizi,” jelasnya, di sela-sela kunjungan.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama Kadis P2KB berfoto bersama usai memantau pelayanan Posyandu di Kelurahan Kasipute, Kecamatan Rumbia

 

Selain itu, kata Azis, Posyandu juga dapat memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh target yang memiliki masalah gizi. Makanya, pihaknya memastikan memastikan bahwa setiap anak mendapatkan gizi yang cukup dan tumbuh kembang yang optimal, bisa mencegah lahir penyintas stunting yang baru.

Pemantauan ke Posyandu tersebut, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan Posyandu, serta mempercepat upaya penurunan stunting di Kabupaten Bombana.(adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU