Kader PKK Bombana Belajar Teknik Komunikasi di Jakarta

76
Kader-kader PKK se Kabupaten Bombana antusiasi mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas khususnya teknik komunikasi di depan publik di sebuah hotel di Jakarta. FOTO :ADHI

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM-Peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Pemkab Bombana tidak hanya difokuskan pada aparatur pemerintahan yang berkantor di dinas dan badan. Para ibu yang selama ini aktif mengurusi lembaga bernama Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mulai dari desa, kelurahan hingga kecamatan juga dianggap perlu diupgrade pengetahuannya. Salah satu yang amat penting adalah soal komunikasi. Makanya, mereka diajak ke Jakarta, belajar langsung ke pakar komunikasi.

Urusan kader-kader PKK ini dikemas dalam sebuah kegiatan bernama bimbingan teknis dengan tema strategi dan arah kebijakan gerakan 10 program pokok PKK dan pelatihan puclic speaking bagi pengurus dan anggota tim penggerak PKK Kabupaten Bombana. Acara ini digelar di Jakarta mulai 29 Mei sampai 1 Juni 2024. Tempatnya, di Hotel Luminor Pecenongan, Jakarta Pusat.

Kader-kader PKK yang diikutkan cukup banyak. Ada yang dari PKK desa, PKK kelurahan dan PKK kecamatan, termasuk tentu saja yang mengurus PKK Kabupaten Bombana. Tuan rumah kegiatan ini adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bombana, pengurus PKK kabupaten bekerja sama dengan lembaga pusat studi ekonomi dan pembangunan (Pusekbang). Sementara pematerinya seorang pakar komunikasi di ibukota bernama Ali Sehan.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama Pj Ketua PKK Bombana di sela-sela kegiatan bimbingan teknis arah kebijakan gerakan 10 program pokok PKK dan pelatihan puclic speaking bagi pengurus PKK Bombana, di Jakarta. FOTO :ADHI

 

Related Posts
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto didaulat membuka kegiatan tersebut.  Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri ini mengatakan, Pemda Bombana sangat merespon kepada kader-kader PKK karena datang dari jauh untuk menambah ilmu.

Bupati Edy mengaku, acara Bimtek peningkatan 10 program pokok PKK dan pelatihan publik speaking dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan 10 program pokok PKK serta menambah pengetahuan dan kemampuan berbicara di depan umum. “PKK ini partner strategis Pemda dalam mensukseskan program-program  yang dilakukan Pemda. Makanya kami sangat mensuport kegiatan Bimtek yang dilakukan PKK,” kata Edy Suharmanto saat membuka acara tersebut, Kamis, 30 Mei 2024.

Menurut pejabat Kemendagri ini, keberhasilan berbagai program Pemda tidak terlepas dari peran PKK. Oleh sebab itu, Edy menekankan dan meminta kepada PKK untuk menyelaraskan dan menyesuiakan kegiatan PKK dengan kegiatan yang sudah dicananangkan Pemerintah pusat dan daerah terutama penurunan inflasi, stunting dan kemiskinan ekstrim.

Pakar komunikasi, Ali Sehan sedang mengajari secara personal salah seorang kader PKK Bombana tentang public speaking. FOTO :ADHI

 

Sementara Aeni Mutmainnah, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana mengatakan Bimtek kader PKK setiap tahun dilaksanakan dengan mengusung beragam program. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kader-kader PKK baik di desa, kelurahan, kecamatan hingga di kabupaten. “Tahun ini kita laksanakan di Jakarta. Waktunya bertepatan dengan evaluasi triwulan kedua Penjabat Bupati Bombana,” katanya.

Materi Bimtek kali ini adalah peningkatan kemampuan berbicara di depan publik. Kader yang hadir diajar oleh pakar komunikasi Ali Sehan. Aeni mengatakan, Bimtek ini juga sebagai ajang silaturahmi bersama seluruh kader, berdiskusi dan membicarakan ide-ide PKK Bombana kedepannya demi  kemajuan Bombana. (ADV)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU